News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilot Citilink Meninggal

KRONOLOGI Pilot Pesawat Citilink Meninggal Dunia setelah Berhasil Mendarat Darurat di Bandara Juanda

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat Citilink bernomor QG307 rute Surabaya-Makassar kembali ke Bandara Juanda karena pilot Capt Boy Awalia mengalami kondisi gangguan kesehatan (Kolase Tribunnews.com).

TRIBUNNEWS.COM - Humas Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo mengungkapkan kronologi pendaratan darurat Pesawat Citilink dengan nomor pernerbangan Q-G 307, rute Surabaya-Makassar di Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/7/2022).

Diketahui alasan pendaratan darurat tersebut dilakukan karena sang pilot, Capt Boy Awalia (48) mengalami darurat kesehatan saat terbang.

Setelah berhasil mendarat darurat di Bandara Juanda, Capt Boy Awalia pun langsung dievakuasi dan ditangani tim medis, tapi tim dokter kemudian menyatakan bahwa Capt Boy meninggal dunia.

Yuristo menuturkan, Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan Q-G 307 tersebut awalnya take off dengan baik dan lancar pada pukul 06.10 WIB.

Kemudian 12 menit setelah take off, tower menerima request emergency landing dengan alasan pilot incapacity, atau pilot dalam keadaan sakit saat berada di pesawat.

"Pewasat Citilink rute menuju Makassar dengan nomor penerbangan Q-G 307, berangkat atau take off dengan baik dan lancar pada pukul 06.10 WIB. Lalu di pukul 06.22 atau 12 menit setelah take off, tower menerima request emergency landing."

Baca juga: Selain Citilink, Pilot Meninggal Dunia Juga Pernah Terjadi di Penerbangan AirAsia dari KL ke Bandung

"Dengan alasan pilot incapacity atau pilot dalam keadaan sakit saat berada di dalam pesawat," kata Yuristo dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Jumat (22/7/2022).

Selanjutnya pada pukul 06.56 WIB, Pesawat Citilink dengan tujuan Surabaya-Makassar itu kembali mendarat di Bandara Juanda.

Tim Airport Resque and Fire Fighting (ARFF) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Juanda pun langsung mengevakuasi Capt Boy Awalia.

Capt Boy Awalia pun langsung dibawa ke rumah sakit, tapi setelah diperiksa dokter Capt Boy Awalia telah dinyatakan meninggal dunia.

"Setelah itu pada pukul 06.56, pesawat mendarat kembali di Bandara Juanda, untuk selanjutnya kami tim dari Airport Resque and Fire Fighting bersama dengan teman-teman Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Juanda berikut dengan ambulance mengevakuasi pilot tersebut," terang Yuristo.

Baca juga: Baru 12 Menit Take Off, Pesawat Citilink Putar Balik ke Bandara Juanda, Pilot Tak Terselamatkan

Nasib 171 Penumpang

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG307 tujuan Surabaya - Makassar kembali mendarat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/7/2022) pagi.

Pesawat tersebut kembali ke landasan karena pilot Capt. Boy Awalia (48) mengalami darurat kesehatan saat terbang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini