News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Reza si Pemanjat Tiang Bendera Dapat Tawaran Jika Ingin Jadi Polisi, Tapi Ini Syarat dari Kapolres

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aksi heroik siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah (MA) Al Rahman diganjar penghargaan dari Polres Tasikmalaya

TRIBUNNEWS.COM, TASIKMALAYA -  Reza Kusuma Nugraha (17), siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah (MA) Al Rahman Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi viral karena aksinya memanjat tiang bendera saat upacara HUT ke-79 RI.

Reza terpaksa memanjat tiang bendera karena untuk menyambungkan tali yang putus saat upacara di Desa Leuwidulang, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Atas aksi beraninya itu, Reza mendapat penghargaan dari Kapolres Tasikmalaya hingga ditawari menjadi polisi.

Baca juga: Cerita Heroik Reza, Siswa Panjat Tiang Bendera karena Tali Putus di Tasikmalaya, Videonya Viral

"Sudah saya titip pesan kepada Reza, kalau kamu mau jadi seorang Polisi, TNI maupun aparat pemerintahan, kamu harus persiapkan tidak hanya fisik tapi harus pintar juga," ungkap Kapolres Tasikmalaya AKBP Haris Dinzah ketika hadir memberikan penghargaan saat apel pagi di Mako Polres Tasikmalaya, Senin (19/8/2024).

Selain itu menurut AKBP Haris, siapapun yang ingin bergabung dengan kepolisian atau TNI harus memiliki mental dan keberanian.

"Karena (Reza) juga udah terlihat menonjol daripada rekan lain, tinggal dipoles, tinggal dipersiapakan insyallah Reza jadi orang berguna bagi nusa bangsa," harapnya.

Sementara usai diberikan penghargaan, Reza Kusuma Nugraha mengaku aksi yang dilakukan memang refleks melihat tali bendera putus.

Bahkan ia sempat meminta izin kepada pelatih untuk berlari ke tengah lapangan dan menaiki tiang bendera.

"Jadi pas liat tali tiang bendera putus, saya langsung refleks, dan meminta izin pada pelatih untuk naik, setelah itu saya berlari ke tiang dan tanpa berpikir buat jatuh yang penting upacara lancar, langsung naik," ungkap Reza ketika ditemui wartawan Tribunpriangan.com Senin (19/8/2024).

Namun dirinya menambahkan, saat di pertengahan sempat berhenti untuk menenangkan diri, dan lanjut menarik tali bendera yang putus.

"Sempat kepeleset terus saya diam menenangkan diri karena tegang, takut jatuh, dan setelah itu lanjut mengambil tali kebawah," ucap pemuda yang memiliki kegiatan olahraga silat ini.

Baca juga: Kronologi Peserta Panjat Pinang Tewas di Brebes, Mulyono Tertimpa Teman, Video Kejadian Viral

Atas aksinya pemuda asal Sodonghilir tersebut terus banjir pujian hingga penghargaan dari Kapolres Tasikmalaya. 

"Saya sangat bangga sekali, dan terima kasih kepada Polres Tasikmalaya sudah memberikan penghargaan pada Reza," katanya.

Inisiatif Reza

Kepala Desa Leuwidulang, Uhan menuturkan, peristiwa tali pengibar bendera putus itu terjadi ketika bendera hendak dikibarkan. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini