News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Peringati Maulid Nabi 1446 H, Gubernur Kalteng Hadiri Kalteng Bershalawat di Kapuas

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, menghadiri acara Kalteng Bershalawat yang berlangsung di Stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, pada Kamis malam (12/9/2024)

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, didampingi oleh Wakil Gubernur H. Edy Pratowo, menghadiri acara Kalteng Bershalawat yang berlangsung di Stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, pada Kamis malam (12/9/2024). Kegiatan ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bagian dari rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H.

Mengawali sambutannya, Wakil Gubernur H. Edy Pratowo mengatakan sejak Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran melaksanakan tugas dan amanah dari masyarakat Kalteng, sejak periode kedua ia mendampingi Gubernur dari Tahun 2021 sampai dengan Tahun 2024, banyak sekali hal-hal yang sudah diraih oleh Gubernur Kalteng.

“PAD saat saya mendampingi periode kedua beliau masih mencapai 5,3 Triliun, kemaren Pemprov Kalteng dan DPRD Kalteng telah menetapkan APBD Perubahan mencapai 10,2 Triliun. Angka ini kenaikannya hampir mencapai 100 persen dan kenaikan ini kita gunakan salah satunya untuk kegiatan Kalteng Bershalawat,” ungkapnya.

Dalam sisi pembangunan, Wagub mengungkapkan bahwa Gubernur Kalteng didukung oleh masyarakat Kalteng telah banyak menorehkan hasil pembangunan yakni terkait bidang pendidikan, Pemprov Kalteng telah menyediakan 10 ribu calon putera dan putera yang lulus sederajat untuk melanjutkan di Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan Tengah secara gratis.

Kemudian juga disediakan beasiswa Berkah untuk 20 ribu mahasiswa dengan nilai 7,5 juta rupiah pertahun dan rencananya akan ditingkatkan sampai 15 juta rupiah. Kemudian juga diberikan kepada mahasiswa atau mahasiswi yang berwirausaha untuk mengembangkan usahanya dengan diberikan bantuan sebesar 1 juta sampai dengan 3 juta rupiah.

“Hari ini sekaligus menjadi rangkaian Gebyar UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dibarengi dengan Kalteng Bershalawat, pasar murah, pasar penyeimbang dan lainnya sebagai bentuk nyata pembangunan yang telah dilaksanakan”, tutur Wagub.

Lebih lanjut disampaikan, di bidang infrastruktur baik jalan dan jembatan yang dibangun.

“Sekarang kondisi jalan-jalan Provinsi Kalteng pada posisi jalan mantap termasuk jalan-jalan di kabupaten sudah mantap dibanding tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Baca juga: Hadapi Darurat Pangan Dunia, Pemprov Kalteng dan Kementan Gelar Rakor Optimalisasi Lahan Food Estate

Senada dengan apa yang dikatakan oleh Wagub, Gubernur Sugianto Sabran berharap agar pembangunan yang telah berjalan di Kalimantan Tengah dapat terus dilanjutkan, termasuk kegiatan Kalteng Bershalawat.

H. Sugianto Sabran menyampaikan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum penting bagi umat Islam.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengajak kita semua, untuk meneladani sifat Rasulullah SAW, dan menerapkan sikap perilaku dan akhlak beliau dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tutur Gubernur.

Sugianto berharap acara Kalteng Bershalawat pada malam tersebut dapat mempererat tali silaturahmi, memperkuat ukhuwah Islamiyah, dan meningkatkan kecintaan terhadap Rasulullah SAW.

“Melalui kegiatan ini juga, semoga kita semua semakin terpacu untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, guna membangun Kalimantan Tengah Makin BERKAH dan Indonesia Maju, Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur,” pungkasnya.

Kalteng Bershalawat dihadiri Al Mukarram Habib Ali Zainal Abidin Assegaf sekaligus memimpin dalam melantunkan shalawat teruntuk junjungan Nabi Muhammad SAW, serta memunajatkan doa agar Prov. Kalteng dan Negara Indonesia senantiasa dilimpahkan perlindungan dan keberkahan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini