News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Semarak Dirgantara 2024, Komunitas Petani Nelayan Muda Indonesia Jateng Dorong Ketahanan Ekonomi

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Semarak Dirgantara 2024 digelar di Yogyakarta tanggal 28 sampai 29 September. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semarak Dirgantara 2024 digelar di Yogyakarta tanggal 28 sampai 29 September.

Sejumlah elemen masyarakat meramaikan, salah satunya komunitas Perekonomian Petani Nelayan Muda Indonesia (Penemu).

Ketua DPD Penemu Jawa Tengah Nuri Robiatun Mustafida mengatakan kegiatan Semarak Dirgantara ini diinisiatori oleh TNI Angkatan Laut (AL) dan Pemprov DI Yogyakarta yang dituangkan dalam nota kesepahaman ada 29 Juli 2024.

Baca juga: Dongkrak Pamor Industri Dirgantara, Bali International Airshow 2024 Siap Digelar Pada September

"Nota kesepahaman itu tentang pendayagunaan sumber daya untuk pengembangan potensi kedirgantaraan dan pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Nuri Robiatun dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (28/92024).

Adapun beberapa misi yang diemban dalam kegiatan ini diantaranya meningkatkan kedirgantaraan, kesadaran bela negara, dan sosial budaya kepada masyarakat.

"Misi lainnya mempromosikan pariwisata nasional, turut menjaga dan memperkuat ketahanan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan UMKM," kata Nuri.

Nuri mengungkapkan, Penemu selama perhelatan Semarak Dirgantara 2024 memberikan pelatihan dan cara memasarkan produk-produk hasil pertanian dan nelayan Indonesia kepada masyarakat.

"Terjadi dialog interaktif antara kami dengan pelaku ekonomi, khususnya UMKM. Mereka memiliki semangat untuk maju," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Penemu Sinda Sutadisastra mengungkapkan pada 1 Oktober besok, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir sekaligus meresmikan Program Pelatihan dan Pemasaran DPD Penemu di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Program ini akan berlanjut ke kota-kota lainnya di Indonesia. Ini sudah menjadi komitmen kami dan seluruh pengurus PENEMU di seluruh wilayah Indonesia," kata Sinda.

Baca juga: TNI AU akan Kerahkan 148 Pesawat Hingga 15 Ribu Pasukan Meriahkan HUT Ke-79 TNI

Menurutnya, selain menjalankan program besar atau utama yang disepakati bersama-sama, para pengurus Penemu di setia daerah di Indonesia memiliki program ciri khas masing-masing yang disesuaikan pada setiap daerahnya. Dengan begitu, setiap potensi ekonomi daerah dapat dimaksimalkan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Contohnya di Jogja yang destinasi pariwisatanya sangat banyak dan berpotensial meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat," tuturnya.

"Turunan dari pariwisata kan banyak, kuliner, kerajinan tangan, fesyen, dan banyak lagi. Ini yang harus kita dorong agar tercipta ketahanan ekonomi di masyarakat, dan UMKM akan menggeliat," tambahnya. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini