News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penataan Kampung Seni Borobudur Dinilai Turut Berikan Manfaat Bagi Warga Sekitar

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur terus dilakukan sebagai upaya mempercantik agar jumlah wisatawan mengalami peningkatan dan memberikan manfaat ekonomi.

Satu di antaranya, membangun Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Dalam membangun, PT Brantas Abipraya turut melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di sekitar Area Kampung Seni Kujon.

Kampung Seni Kujon merupakan proyek strategis nasional yang tengah dikerjakan Brantas Abipraya untuk mendukung destinasi super prioritas di Borobudur, yang diluncurkan Pemerintah Pusat untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur.

Aktivitas penataan sudah dimulai sejak groundbreaking dilaksanakan pada November 2023 dan pembangunan kampung seni sudah rampung pada September ini.

“Program TJSL yang kami laksanakan ini sedikit untuk membantu memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi dan sosial lingkungan di sekitar area kampung Seni Kujon, karena dalam hal ini secara tidak langsung masyarakat sekitar kampung Seni Kujon telah sepenuhnya mendukung terlaksananya pembangunan proyek kampung seni Borobudur ini dengan sangat baik,” ujar, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Dian Sovana dikutip Minggu (29/9/2024).

Pembangunan Kampung Seni Borobudur di Kujon saat ini telah tuntas dan serta serah terima kepada PUPR pada 13 September 2024.

Saat ini Kampung Seni Borobudur sudah mulai dioperasikan, dan para pelaku usaha atau pedagang sudah mulai berjualan pada area kios-kios yang telah dibangun.

Baca juga: Pembangunan Kampung Seni Borobudur Ditargetkan Tuntas Bulan Ini, Akan Diresmikan Presiden

Adapun saat ini Kampung Seni Borobudur memasuki tahap pemeliharaan dimana terdapat beberapa defect (keadaan belum sempurna) atau saran dan keluhan dari pelaku usaha atau pedagang di beberapa area bangunan dan kawasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini