News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pembangunan Kampung Seni Borobudur Ditargetkan Tuntas Bulan Ini, Akan Diresmikan Presiden

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kampung Seni Borobudur adalah proyek strategis nasional yang diluncurkan pemerintah pusat untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur.

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, ditargetkan tuntas pada September 2024.

Kampung seni yang bakal dilengkapi museum serta lahan parkir ini mulai dibangun akhir 2023, akan diresmikan Presiden Joko Widodo Oktober 2024.

"Dibangun di atas lahan seluas 10,7 hektare, Penataan Kampung Seni Kujon akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti amphitheater (gelanggang terbuka untuk pertunjukan seni), museum, pasar seni cinderamata, kuliner, parkir, dan shuttle (fasilitas antar-jemput),” ujar Direktur Operasi II Brantas Abipraya, Purnomo dikutip Sabtu (28/9/2024).

Kampung Seni Borobudur adalah proyek strategis nasional yang diluncurkan pemerintah pusat untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur.

Menurutnya, sebagian area dari kampung seni ini nantinya digunakan sebagai area perdagangan, memuat semua pedagang yang semula berada di zona 2 dan area tersebut juga sebagai area parkir kendaraan pengunjung candi.

Selain itu, dalam kampung seni juga akan dibangun museum serta area pentas kesenian.

Saat ini Kampung Seni Borobudur sudah mulai dioperasikan, dan para pelaku usaha atau pedagang sudah mulai berjualan pada area kios-kios yang telah dibangun.

Saat ini Kampung Seni Borobudur memasuki tahap pemeliharaan dimana terdapat beberapa defect (keadaan belum sempurna) atau saran dan keluhan dari pelaku usaha atau pedagang di beberapa area bangunan dan kawasan.

Menyikapi hal tersebut Brantas Abipraya akan terus merespon cepat dengan melaksanakan perbaikan-perbaikan serta pemeliharaan pada beberapa area bangunan dan kawasan, guna menyempurnakan hasil pekerjaan.

Baca juga: Pemasangan Chattra di Candi Borobudur Ditunda, Kemenag: Kondisi Material Ada yang Tidak Utuh

Saat ini Brantas Abipraya dalam Proyek Kampung Seni Borobudur memiliki tim pemeliharaan dan pembersihan yang disiapkan dan senantiasa bersiaga di Kampung Seni Borobudur.

“Kami akan pastikan proyek penataan kawasan Borobudur ini nantinya akan memberikan kenyamanan dengan mewujudkan lingkungan Candi Borobudur nantinya lebih bersih dan tertata, juga lebih hijau, sehingga dapat menambah magnet wisata bagi turis lokal maupun mancanegara,” kata Purnomo.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini