News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Diketahui Rahim Turut Berkontribusi pada Kecerdasan Janin

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi ibu hamil

TRIBUNNEWS.COM - Seperti yang kita tahu, rahim memiliki fungsi yang sakit penting untuk para wanita. Khususnya saat kehamilan.

Namun tahukah Anda bahwa rahim punya fungsi lain di luar kehamilan?

Ya, sebuah penelitian baru yang dilakukan pada tikus menjelaskan bahwa rahim memiliki fungsi di luar kehamilan.

Fungsi apa itu?

Dilansir dari iflscience.com pada Kamis (13/12/2018), serangkaian percobaan yang dilakukan oleh para peneliti di Arizona State University menunjukkan bahwa organ milik wanita tersebut mempengaruhi memori kerja.

Diketahu memori kerja adalah jenis pemrosesan informasi jangka pendek yang terlibat dalam melaksanakan tugas-tugas kompleks seperti belajar, penalaran, dan navigasi.

“Banyak orang yang membicarakan tentang hubungan antara otak dan ovarium. Namun belum jelas apa hubungannya,” kata Heather Bimonte-Nelson, penulis senior dari penelitian ini.

“Kini, setelah penelitian ini kita tahu bahwa estrogen dan progesteron memiliki efek yang ditandai pada hal-hal seperti memori.”

“Sehingga dengan hasil ini kami mulai berpikir tentang sistem otak rahim-ovarium dan bukan hanya sistem otak indung telur.”

Baca: Rahim Diangkat Itu Tak Surutkan Gairah Seks Kok

Menurut tim Bimonte-Nelson, sekitar sepertiga rahim wanita telah diambil (histerektomi) pada usia 60 tahun, dan sebagian besar operasi ini terjadi sebelum terjadinya menopause.

Alasan ada banyak. Namun yang paling umum adalah fibroid (lesi jinak yang menyakitkan), endometriosis, prolaps uterus, hiperplasia (ketika lapisan uterus tebal abnormal, menyebabkan perdarahan berat), dan kanker.

Sementara sebagian wanita lainnya mempertahankan rahim mereka.

Namun dengan hasil penelitian ini, di mana rahim punya fungsi di luar kehamilan, maka ketika dokter merekomendasikan histerektomi atau si wanita ingin melakukannya, sebaiknya memberitahu fungsi lain rahim ini.

Tujuannya agar si wanita dapat meningkatkan kualitas hidup.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini