News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Banyuwangi Tour de Ijen

Bupati Banyuwangi: Padukan Olahraga dan Keindahan Alam

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Abdullah Azwar Anas

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyuwangi Tour de Ijen merupakan ajang sport-tourism yang memadukan aspek olahraga dan keindahan alam di Banyuwangi. Lomba balap sepeda itu digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada 2-5 November 2013.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, perpaduan aspek olahraga dan promosi wisata akan menghasilkan dua dampak sekaligus, yaitu meningkatkan daya saing balap sepeda sekaligus memacu kunjungan wisata guna menggerakkan ekonomi rakyat.

"Melalui balap sepeda mempromosikan daerah. Belajar dari tahun kemarin, warga bangga menyambut lomba balap sepeda. Olahraga menjadi industri yang bermanfaat secara luas dalam mendinamisasi perekonomian masyarakat," ujar Anas dalam konferensi pers di Warung Daun, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2013).

Sepanjang rute perjalanan pebalap akan melihat keelokan kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java". Melalui rute-rute tersebut, panitia ingin mempromosikan dan menunjukkan Kabupaten Banyuwangi yang mempunyai potensi luar biasa.

BTDI 2013 akan diikuti oleh 25 tim, 20 tim dari luar negeri dan 5 tim dalam negeri. 20 tim luar negeri terdiri atas 3 klub Pro-Kontinental, 12 klub Kontinental, dan 5 klub luar negeri. Dari dalam negeri akan tampil 5 tim terdiri atas 1 tim nasional dan 4 klub terbaik.

Anas menambahkan, supaya memudahkan pebalap, peminat balap sepeda, maupun wisatawan dalam berkunjung, pihaknya telah meningkatkan aksesibilitas berupa perbaikan infrastruktur transportasi mulai dari udara, darat hingga laut.

"Hotel, infrastruktur jalan yang bagus, money changer, bandara, dan berbagai sarana penunjang lain sudah sangat memadai. Kami ingin menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu tempat ideal untuk penyelenggaraan sport-tourism. Tahun ini, selain BTDI kami juga telah menyelenggarakan kompetisi selancar internasional di Pantai Pulau Merah pada Mei 2013," katanya.

Diadakan pertama kali pada tahun lalu, BTDI menjadi salah satu turnamen resmi seri Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI).

Lomba balap sepeda berhadiah Rp 700 juta itu merupakan rangkaian Indonesia Grand Prix 2013. Lomba balap sepeda yang masuk dalam rangkaian Indonesia Grand Prix 2013, yaitu Tour de Indonesia, Tour de Jawa Barat, Tour de Ijen, dan Tour de Bali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini