News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Olimpiade 2021

Menpora Zainudin Amali: Sekarang Kita Konsentrasi ke Olimpiade Tokyo dulu

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menpora Zainudin Amali saat membuka “Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 tahun 2021” secara virtual, Sabtu (19/6/2021) malam

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tekad Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah sebelumnya telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo dengan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) no 9 tahun 2021 tentang pembentukan Indonesia Bid Committee Olympic Games 2032 (INABCOG) pada 13 April lalu.

Pengarah INABCOG diketuai Wakil Presiden yang dibantu Menko PMK sebagai wakil ketua serta sejumlah anggota termasuk Sekretaris Kabinet.

Sementara itu posisi penanggung jawab INABCOG diberikan kepada Menpora Zainudin Amali dan Ketua Pelaksana dipimpin oleh Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (Tribunnews/Abdul Majid)

Kini, baru saja diumumkan Indonesia gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, setelah IOC memilih Brisbane yang berhak menjadi host Olimpiade 2032.

Menanggapi hal itu, Menpora Amali lebih dulu menunggu laporan tertulis dari NOC Indonesia.

“Sekarang saya masih tunggu dulu laporan tertulis dari NOC. Kita Konsentrasi ke Olimpiade Tokyo dulu,” kata Menpora Amali kepada Tribunnews, Senin (21/7/2021).

“(laporan ke Presiden-red) itu harus sama dengan dulu dengan Ketua KOI karena kan penugasannya sama-sama, kepada saya dan kepada Pak Okto,” sambungnya.

Sementara itu, soal masa kerja INAGCOG hingga 31 Desember 2024 dan sebelum itu Indonesia sudah diputuskan gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Menpora Amali mengatakan bahwa dirinya akan melakukan rapat internal lebih dulu setelah itu baru melapor ke Presiden.

Seperti diketahui, Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari sebelumnya mengatakan meski gagal di 2032, dirinya bertekad ambil kesempatan bidding di empat tahun selanjutnya sehingga bisa mendapatkan status Targeted Dialogue seperti yang Brisbane dapatkan di 2032.

“Nah, itu yang kita minta arahan, apa itu akan kita ubah ke 2036 atau gimana. Kita tunggu laporan resmi dan gimana peluang kita. Tidak bisa langsung ubah harus kita konsolidasi secara internal dulu dan kita laporkan ke Pak Presiden, kemudian arahan beliau seperti apa ya akan kita jalankan,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini