News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Olimpiade Paris 2024

Kabar Olimpiade Paris 2024, Dua Wanita Atlet Panjat Tebing Indonesia Lolos ke Babak Perempat Final

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemanjat cepat Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi bersiap saat bertanding di babak final disiplin kecepatan putri IFSC World Cup Jakarta 2023 di Jakarta pada 7 Mei 2023. Desak Made Rita Kusuma berhasil menjadi juara Piala Dunia Panjat Tebing 2023, otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Kabar Olimpiade Paris 2024, Dua Wanita Atlet Panjat Tebing Indonesia Lolos ke Babak Perempat Final

Abdul Majid/Tribunnews.com
 
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dua atlet wanita panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Salsabillah memulai aksi mereka pada babak penyisihan panjat tebing speed perempuan di Olimpiade Paris, Senin petang (05/8/2024) waktu Indonesia

Sebagai informasi, laga babak kualifikasi panjat tebing speed Olimpiade Paris 2024 mempertandingkan sebanyak 14 atlet dunia.

Dalam babak tersebut, terdapat dua tahapan, yaitu penyisihan (seeding heats) dan penyisihan eliminasi (Elimination heats).

Dalam babak penyisihan ini, tiap atlet masing-masing diberi kesempatan dua kali untuk melakukan aksi memanjat.

Masing-masing atlet bakal melalui jalur A dan jalur B. Catatan waktu pada babak seeding heats ini bakal mempengaruhi peringkat atlet pada fase penyisihan eliminasi yang juga digelar hari ini.

Dalam babak tersebut, hanya 8 atlet dengan catatan waktu terbaik yang akan lolos ke babak final yang akan digelar tanggal 7 Agustus mendatang.

Desak memulai laga menghadapi atlet tuan rumah Prancis C Viglione pada lane A. Sejatinya Desak menjadi yang tercepat dalam laga tersebut, namun Desak kurang keras menekan tombol finish sehingga perolehan waktu Desak  tidak tercatat.

Tetapi hal tersebut terjadi karena kendala teknis, sehingga laga babak kualifikasi sempat terhenti dan panitia memutuskan untuk mengulang laga tersebut. 

Saat mengulang laga, Desak mencatatkan waktu tercepat dengan perolehan waktu 6,52 detik. Pada laga kedua melawan atlet yang sama saat memulai pada Lane B, Desak mencatakan waktu terbaiknya menjadi 6,45 detik. Catatan waktu terbaiknya itu membuatnya lolos ke fase eliminasi dengan waktu ke 5 terbaik dari 14 atlet.

Pada fase eliminasi, Desak semakin menunjukan kegigihannya. Ia berhasil mempertajam waktu dengan catatan waktu 6,38 melawan Piper Kelly dari Amerika Serikat.  Dengan hasil tersebut, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhasil lolos ke babak perempat final.

Di sisi lain, Rajiah Salsabila memulai laga dengan melawan atlet Amerika Serikat Emma Hunt. Ia mampu mencatatkan waktu 6,67 detik di lane A dan 6,58 detik di lane B. 

Dengan catatan terbaiknya 6,58 detik membuatnya lolos ke fase eliminasi dengan peringkat dengan catatan waktu ke-7 terbaik.

Pada fase eliminasi, Rajiah terjatuh saat melawan Leslie Adriana Romero Perez dari Spanyol. 

Sempat cemas tidak lolos ke perempat final karena terjatuh, Rajiah tetap dinyatakan lolos mendapatkan slot tiket ke perempat final setelah satu tempat tersisa berhak ditempati oleh Rajiah yang kalah di babak eliminasi namun punya catatan waktu paling terbaik di seeding heats.

Dengan hasil tersebut, kedua atlet putri panjat tebing speed Indonesia akan berlaga di perempat final pada 7 Agustus 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini