News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP

Nyaris Luput dari Radar, Duel Marc Marquez vs Jorge Martin Berebut Satu Titel Juara di MotoGP 2024

Penulis: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia (kiri), pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin (tengah), dan pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez (kanan) berlomba dalam Tissot Sprint Race akhir pekan MotoGP Austria di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024.

TRIBUNNEWS.COM -  MotoGP 2024 semakin mendekati klimaksnya dengan berbagai drama dan sorotan dalam perebutan gelar juara dunia.

Namun di balik gemerlap podium utama, terdapat pertempuran yang sering luput dari perhatian. yakni gelar pembalap independen terbaik. 

Meski tak se-prestise gelar juara dunia MotoGP 2024, penghargaan ini krusial bagi tim satelit yang selalu berupaya menyaingi tim pabrikan.

Musim ini, Jorge Martin dan Marc Marquez muncul sebagai dua rival utama dalam perebutan gelar ini, menghadirkan dimensi baru dalam karier keduanya.

Pebalap Prima Pramac Racing asal Spanyol, Jorge Martin, melakukan selebrasi usai memenangi balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Minggu (29 September 2024). (BAY ISMOYO / AFP) (AFP/BAY ISMOYO)

Bagi pembalap Spanyol itu, MotoGP 2024 akan menjadi titik balik penting dalam perjalanan karir balapnya.

Setelah berpisah dengan Honda, ia mengambil tantangan baru bersama Gresini Racing, sesuatu yang tidak banyak dibayangkan sebelumnya. 

Meski berkompetisi dengan motor Ducati membutuhkan adaptasi, Marquez membuktikan bahwa dirinya masih merupakan ancaman di lintasan.

Kemenangan di Aragon dan Misano menjadi bukti bahwa Marquez belum habis.

Ditambah enam kali podium sejak seri pembuka di Qatar, rider bernomor #93 ini menunjukkan bahwa gelar pembalap independen terbaik bukan sekadar simbol, tetapi sebuah pencapaian yang mempertegas ketangguhannya di grid MotoGP.

Di sisi lain, Jorge Martin telah tampil impresif sepanjang musim.

Memimpin klasemen pembalap independen dengan 392 poin, Martin hanya perlu menjaga konsistensi untuk memastikan gelar ini kembali dalam genggamannya setelah ia meraih penghargaan serupa di 2023.

Dengan selisih 81 poin dari Marquez (311 poin), Martin punya peluang besar mengunci gelar lebih awal di Phillip Island, jika ia berhasil unggul 30 poin atas sang juara dunia delapan kali.

Baca juga: Sayonara Gelar Juara Dunia MotoGP 2024, Sisa Jatah Mesin Marc Marquez Paling Sedikit

Gelar pembalap independen terbaik diberikan kepada pembalap non-pabrikan dengan performa terbaik.

Meski tidak sebesar gelar juara dunia, penghargaan ini penting bagi tim satelit sebagai bentuk apresiasi atas usaha mereka melawan tim-tim besar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini