News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Eropa 2016

Satu Langkah Menuju Legenda

Editor: Mohamad Yoenus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Cristiano Ronaldo

Catatan Sepakbola Wartawan Tribun Medan/T Agus Khaidir

TRIBUNNEWS.COM -- "Siapakah Marcelo Rebelo de Sousa? Jawabannya Presiden Portugal, dan hampir bisa dipastikan, kecuali warga negara Portugal atau orang-orang yang memang betul-betul getol mencermati medan tarung politik dunia, tidak akan banyak yang bisa menyebutnya tanpa terlebih dahulu mengulik laman pencarian di internet."

TAPI, kecuali mereka yang betul-betul terasing dari peradaban dunia, akan dengan serta-merta memberi jawaban tatkala ditanya perihal nama ini, Cristiano Ronaldo.

Iya, siapa tidak kenal. Bahkan orang-orang yang tak menyukai (atau katakanlah membenci) sepakbola, tetap mengenalnya.

Paling tidak, pernah mendengar namanya. Terkait siapa yang lebih baik antara dirinya dengan Lionel Messi, boleh jadi akan terus jadi perdebatan.

Namun sama sekali tidak bisa dimungkiri, dari sisi popularitas, Ronaldo unggul. Bintangnya, sama cemerlang di dalam dan di luar lapangan.

Meski demikian, di Portugal, Ronaldo ternyata dianggap belum sampai ke puncak. Dia memang sudah melewati nama-nama seperti Luis Figo, Rui Costa, dan Pauleta.

Ronaldo menjadi pemain dengan penampilan terbanyak untuk tim nasional, sekaligus pencetak gol paling subur pula.

Dia bermain 132 kali dan melesakkan 61 gol, hampir dua kali lipat dari pencapaian Figo yang berjarak paling dekat dengannya (127 caps, 32 gol).

Akan tetapi, bagi rakyat Portugal, nomor satu adalah Eusebio.

Di belakang nama lengkapnya, Eusebio da Silva Ferreira, disematkan dua gelar kehormatan: GCIH (Gra-Cruz Infante Dom Henrique) dan GCM (Grand Cruz Merit).

Gelar-gelar yang diberikan pemerintah untuk orang yang dipandang berjasa bagi negara.

Ronaldo juga mendapatkan gelar ini. Di belakang namanya, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, Ronaldo berhak menyematkan GOIH atau Grande Oficial Infante Dom Henrique. GOIH, setingkat di bawah GCIH.

Pengakuan lain datang dari rakyat Portugal. Eusebio diberi gelar O Rei, dalam bahasa Portugis bermakna ‘Yang Mulia’, ‘Yang Dipertuan’, atau ‘Sang Raja’.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini