News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kongres Luar Biasa PSSI

Jokowi Berharap Ketua PSSI yang Baru Nanti Dapat Mereformasi Sepakbola Tanah Air

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi Membuka Pameran IIMS di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Presiden didampingi Ketua MPR RI/Ketua IMI Bambang Soesatyo, CEO Kompas Gramedia Liliek Oetama, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Presdir Dyandra Promosindo Dazwar Marpaung.

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah tidak ikut campur dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Hal itu sesuai dengan statuta FIFA.

“Pemerintah tidak ikut ikutan di sana (KLB PSSI) sesuai dengan statuta,” kata Presiden usai membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023, di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis, (16/2/2023).

Pemerintah kata Presiden hanya berharap bahwa ketua PSSI yang baru hasil dari KLB nanti dapat mereformasi sepakbola tanah air.

“Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi reformasi total ini harapan dari kita,” katanya.

Sehingga kata Presiden, sepakbola Indonesia menjadi hidup. Selain itu sepakbola Indonesia dapat meraih prestasi di tingkat Asia Tenggara maupun Asia.

“Sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup dan bisa paling tidak Asean step pertama bisa kita pegang, dan Asia step yang kedua bisa kita pegang, harapan pemerintah itu saja,” katanya.

Sebelumnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI resmi dibuka, di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). KLB ini digelar untuk memilih pengurus baru periode 2023-2027.

Ketua Umum PSSI 2019-2023 Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh anggota selama memimpin organisasi induk sepak bola tanah air tersebut.

"Sebagai manusia biasa tentu saja saya tak luput dari kesalahan yang sengaja maupun tidak disengaja. Maafkan saya, jika selama saya melayani anggota, saya sangat banyak kekurangan. Saya tidak sempurna," kata Iwan dalam sambutannya.

Iwan pun berharap hasil dari KLB ini mendapatkan sosok-sosok yang punya totalitas terhadap sepak bola tanah air, serta tak lelah dalam mengurusnya.

"Selamat melaksanakan KLB, semoga KLB menghasilkan ketua umum yang terbaik yang mempunyai totalitas terhadap sepak bola, serta yang tidak akan pernah kenal lelah mengurus sepak bola Indonesia," kata dia.

Sebagai informasi, KLB PSSI ini akan memilih 15 eksekutif komite (Exco) PSSI periode 2023-2027 yang terdiri dari satu Ketua Umum, dua Wakil Ketua Umum, dan 12 anggota Exco.

Posisi calon ketum PSSI diperebutkan empat sosok, diantaranya Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi.

Sedangkan posisi calon waketum diisi sejumlah kandidat yakni Ahmad Riyadh, Ahmad Sauqi Soeratno, Andre Rosiade, Doni Setiabudi, Duddy S Sutandi, Gede Widiade, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Ardianto Rachman, Maya Damayanti, Ratu Tisha Destria, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi, dan Zainudin Amali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini