News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemenpora Beri Dukungan Debut Internasional Timnas Indonesia Flag Football

Penulis: Willem Jonata
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Atlet Tim Nasional Flag Football Indonesia yang akan berlaga di ajang Asia Oceania Championships Flag Football 2023 (AOFFC 2023), Kuala Lumpur, Malaysia, 27–29 Oktober 2023.

Kemenpora Beri Dukungan Debut Internasional Timnas Indonesia Flag Football

Willem Jonata/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Flag football belum terdaftar sebagai cabang olah raga (cabor) resmi dalam daftar Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

Meski demikian, Kemenpora sudah memberi atensi terhadap cabor tersebut.

Sebagai bukti, Hamdan Hamedan, perwakilan utusan dari Kemenpora, beserta Sekretaris Jenderal Indonesian Flag Football Association (IFFA) Mohammad Erlangga resmi melepasan atlet Tim Nasional Flag Football Indonesia untuk berlaga di ajang Asia Oceania Championships Flag Football 2023 (AOFFC 2023), Kuala Lumpur, Malaysia, 27–29 Oktober 2023.

Ajang ini merupakan debut timnas Indonesia cabor Flag football di kancah internasional.

"Walaupun olahraga ini belum menjadi cabor (cabang olahraga) resmi yang terdaftar di KEMENPORA, namun saya sebagai perwakilan kementerian sudah memberikan atensi, pengawasan dan pembelakan, sejak seleksi timnas flag football ini diadakan pada Bulan Juli kemarin," ucap Hamdan Hamedan.

Ketua Umum IFFA Pandu Satya mengumumkan bahawa ada 30 atlet yang mewakili Indonesia di AOFFC 2023 terdiri 2 tim, yaitu tim putra dan tim putri. Masing-masing 15 atlet putra dan 15 atlet putri

"Keikutsertaan timnas Flag Footbal ini adalah ajang debut bagi Indonesia di kancah Internasional, dengan persiapan maksimal para atlet kami berharap dapat mempersembahkan penampilan terbaik dalam gelaran turnamen ini yang kami persembahkan untuk rakyat Indonesia," ucap Sekertaris Jendal IFFA Mohammad Erlangga

Tim Indonesia pada AOFFC 2023 ini adalah bentuk komitmen Indonesian Flag Football Association (IFFA) dalam pengembangan skill pemain.

Sebelumnya, para pemain di saring dari beberapa tim yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja dan Semarang.

Sebagaimana terlihat, kali ini bukan hanya sekedar pencapaian, namun merupakan langkah awal yang gemilang bagi Tim Flag Football Indonesia di kancah Internasional.

"Walaupun para atlet dan team official saat ini merogoh kocek nya sendiri tetapi karena kecintaan kita semua akan olah raga ini kami akan buktikan dengan baik," ujar Manager Timnas Flag Footbal Danny Triputra Setiamanah

IFFA percaya bahwa dengan adanya dukungan dari pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, perkembangan flag football di Tanah Air akan terus berkembang pesat dan menunjukkan taringnya di ajang internasional mendatang yakni World Championship 2025, Asia Oceania Championship 2026, hingga Olimpiade 2028 yang akan di selenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Turnamen AOFFC 2023 merupakan ajang perdana yang digelar IFAF. Ada 11 tim untuk klasemen putra dan sembilan tim untuk klasemen putri.

Selain Indonesia, negara yang berpatisipasi, antara lain Australia, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Kuwait, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Selandia Baru dan Thailand.

Kompetisi dibuat dengan format pertandingan sistem kombinasi. Sementara pada 29 Oktober 2023 negara pemenang pada gelaran turnamen perdana dalam sejarah di regional Asia-Oceania.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini