News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menkominfo: NextHub Dapat Perkuat Posisi Indonesia sebagai Pusat Teknologi Regional

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berharap NextHub Global Summit 2024 dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat teknologi regional dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta inovasi di Asia Tenggara. 

"Kami berharap melalui acara ini, para pemangku kepentingan dapat menjalin kolaborasi untuk menghidupkan kembali investasi di sektor digital dan menciptakan ekosistem startup yang tangguh, berkelanjutan, dan inovatif," kata Budi Arie dikutip Kamis (26/9/2024).

Budi Arie menyoroti perubahan besar dalam model bisnis startup secara global. 

Pada tahun 2022, terdapat lebih dari 150 juta startup di  dunia, dengan sektor generatif dan pengembangan menjadi salah satu yang paling berkembang pesat dalam hal investasi. Kawasan Asia Tenggara, dengan lebih dari 4.500 startup, telah menjadi rumah bagi 52 unicorn. 

Baca juga: Cegah Kebocoran Data NPWP Kembali Terulang, Pemerintah Diminta Perkuat Sistem Digitalisasi

“Proyeksi pada tahun 2025, valuasi perusahaan rintisan atau startup di kawasan Asia Tenggara mencapai USD1 Triliun. Indonesia sendiri, dengan lebih dari 2.500 startup, kini menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara dan keenam di dunia,” ujar Menkominfo. 

Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang di sektor teknologi, dengan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan seperti inkubator, akselerator, dan lembaga keuangan. 

“Kami yakin, dengan adanya sinergi antara sektor publik dan swasta, ekosistem startup di Indonesia dapat menjadi lebih berkelanjutan dan menarik bagi para investor," jelas Budi Arie.

NextHub Global Summit 2024 dapat menjadi sarana bagi startup Indonesia menjalin kerjasama dengan para investor dan pemangku kepentingan lain yang strategis.

“Saya berharap NextHub Global Summit 2024 mampu menjadi sarana bagi startup Indonesia belajar dari pengalaman startup sukses di negara-negara lain dan menjadi wadah menjalin kerjasama strategis dengan para investor serta stakeholders,” kata Menkominfo Budi Arie Setiadi. 

NextHub Global Summit 2024 mengusung tema "Defrost the Tech Winter." 

Kegiatan ini berfokus pada revitalisasi lanskap teknologi di tengah tantangan ekonomi global. Tak kurang dari 80 startup early stage, 50 startup later stage, lebih dari 20 global startup dari berbagai sektor, serta investor global hadir di Bali.

Ketua Nexticorn Foundation Rudiantara menjelaskan ASEAN merupakan pusat perputaran ekonomi yang potensial. Ia memprediksi Indonesia akan menjadi pemain ekonomi digital terbesar di kawasan Asia.

“Dengan nilai sekitar USD750 Miliar menjadikan Indonesia benar-benar negara dengan perekonomian terbesar di ASEAN. Indonesia merupakan mesin perekonomian di kawasan ASEAN,” ujarnya.

Ia optimistis pertumbuhan startup di Tanah Air akan tumbuh di masa depan. Hal ini akan terwujud dengan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk inkubator, akselerator, serta lembaga keuangan.

“Apalagi Indonesia dikenal sebagai ekosistem startup terbaik kedua di ASEAN,” kata Rudiantara.
Ia menjelaskan NextHub Global Summit 2024 mempertemukan pelaku startup dengan venture capital. 

“Di sini ada 120 lebih startup dan 150-an venture capital dari internasional bertemu sekaligus. Startup itu biasanya membutuhkan investasi dari venture capital dan venture capital juga membutuhkan tempat untuk investasi di startup,” kata Rudiantara.

NextHub Global Summit digelar untuk memudahkan pertemuan antara startup dengan venture capital yang ingin berinvestasi. 

“Selama ini, baik startup atau venture capital menggunakan caranya masing-masing agar bisa terhubung. Namun dengan adanya event ini, mereka bisa langsung melakukan pertemuan,” imbuhnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini