News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Inisiatif Ratri Handayani Hilangkan Stigma Negatif Profesi Awak Kabin Pesawat Melalui Tulisan

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ratri Handayani, founder platform Cabin Crew Menulis (CCM). CCM dihadirkan untuk menghilangkan stigma negatif tentang profesi awak kabin bagi sebagian orang dengan anggapan He/She is just a Cabin Crew. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini profesi awak kabin pesawat masih dianggap negatif oleh sebagian orang bahkan terlanjur sudah terlanjur menjadi stigma yang negatif.

Perlu menghilangkan stigma negatif tentang profesi awak kabin bagi sebagian orang masih beranggapan He/She is just a Cabin Crew.

Baca juga: Sesuai SE Kemenhub, Citilink Izinkan Penumpang dan Awak Kabin Tak Pakai Masker

Fakta ini mendorong Ratri Handayani, seorang awak kabin pesawat menghadirkan platform Cabin Crew Menulis (CCM) yang awalnya akun instagram.

"Melalui Cabin Crew Menulis, kami mengajak mereka menceritakan kisah inspiratif yang patut dibagikan dan ini untuk menghilangkan stigma negatif itu melalui tulisan," kata Ratri yang merupakan awak kabin maskapai internasional berbasis di Timur Tengah dalam keterangannya, sabtu (15/7/2023).

Ratri berharap melalui CCM dapat memberdayakan dan memotivasi rekan-rekan awak kabin untuk terus menulis dan berbagi pengalaman mereka.

"Setiap cerita memiliki kekuatan untuk mengubah persepsi dan membangun solidaritas di antara kami dan CCM menjadi platform yang berfungsi sebagai tempat berbagi cerita dan pengalaman bagi awak kabin dari berbagai maskapai penerbangan," katanya.

Ratri menceritakan awal berdirinya CCM

Ia melakukan riset dan perencanaan yang matang sebelum mewujudkan visinya melalui platform media sosial sehingga tanggal 31 Januari 2020, ia memperkenalkan CCM di Instagram, di mana ia mulai membagikan cerita-ceritanya sendiri.

"CCM juga berguna menyatukan anggota awak kabin dari berbagai maskapai penerbangan melalui komunitas menulis dan berbagi cerita dan pengalaman, mempererat hubungan kekeluargaan di antara anggota awak Kabin dan mengembangkan bakat menulis mereka," katanya.

Dalam perkembangannya, CCM juga memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan di industri aviasi, khususnya bagi calon anggota awak kabin dan menggabungkan dunia aviasi dan dunia literasi dalam satu platform.

Didorong oleh kecintaannya pada menulis, Ratri telah mengubah akun Instagram Cabin Crew Menulis (CCM) menjadi komunitas literasi aviasi pertama di dunia.

Pada tahun 2022, CCM mendapatkan apresiasi berupa piagam dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan predikat "Akun Instagram Pertama yang Paling Banyak Menceritakan Kisah Pengalaman Awak Kabin dari Berbagai Maskapai Penerbangan".

Hingga saat ini, CCM telah melibatkan banyak narasumber, dengan partisipasi lebih dari 1000 orang yang berbagi cerita dan pengalaman mereka, termasuk Anggota Awak Kabin yang masih aktif terbang, yang sudah tidak terbang lagi, dan yang bercita-cita menjadi anggota awak kabin.

Bahkan, ada juga kontribusi dari profesi lain di industri aviasi, seperti Pilot, Maintenance, Ground Staff, dan lain-lain.

CCM juga telah menerbitkan dua buku antologi selama masa pandemi yang berjudul Aviasi dalam Literasi" (2020) dan Perjumpaan Fatamorgana (2021).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini