News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketika Trembesi Membalas Budi, Catatan dari 'Reuni Kariango' (Bagian 1)

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kisah trembesi Kariango ini bermula ketika Doni Monardo menjabat Komandan Brigade berpangkat kolonel tahun 2006 - 2008.

Agendanya bertajuk “Reuni Trembesi”. Trembesi sendiri adalah nama pohon yang bahasa latinnya disebut Samanea Saman dari keluarga Fabaceae.

Masyarakat Sunda menamakan pohon ini Ki Hujan. Kepada masyarakat internasional, Anda harus menyebutnya “rain tree” (pohon hujan).

Kegiatan pada Selasa, 6 Desember 2022 itu berlangsung di Markas Brigade Infanteri (Brigif) Para Raider 3/Tri Budi Sakti (TBS), di Maros, Sulawesi Selatan.

Brigade ini juga acap disebut sebagai Brigif Kariango. Jaraknya kurang-lebih 33 km dari kota Makassar ke arah utara.

Reuni itu melibatkan dua makhluk hidup beda jenis: Pohon dan manusia. Pohonnya, pohon trembesi. Manusianya, adalah manusia-manusia yang terlibat (langsung atau tak langsung) pada penghijauan area Mabrig Kariango.

Mereka datang dari berbagai kalangan: Militer dan sipil.

Baca juga: Trembesi, Hikayat Abadi Djarum dan Doni Monardo

Merekalah yang bahu-membahu bekerja keras menjadikan lahan tandus area Brigif Kariango menjadi “hutan trembesi” dalam kurun waktu dua tahun. Kini, 16 tahun kemudian, mereka berjumpa lagi.

Kisah trembesi Kariango ini bermula ketika Doni Monardo menjabat Komandan Brigade berpangkat kolonel tahun 2006 - 2008.

Selama dua tahun itulah berbagai kisah menarik terajut menjadi kenangan indah. Karenanya, menjadi sangat sentimentil suasananya, saat momen itu direunikan.

Tur Markas Brigade

Komandan Brigif Kariango, Kolonel Inf. Kamil Bahren Pasha, S.Sos., M.A. lulusan Akmil 2000 menjadi tuan rumah yang baik. Mereka membentuk semacam panitia yang mempersiapkan segala sesuatunya.

Termasuk sehari sebelumnya, memasang tenda berbalut nuansa merah-putih, serta panggung dengan latar hijau bertuliskan “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita”.

Kesibukan lain juga terjadi di kantor Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) di Matraman, Jakarta Timur. Sekjen PP PPAD, Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak pun menyusun panitia bayangan untuk mem-back-up kegiatan Reuni Trembesi.

Kisah trembesi Kariango ini bermula ketika Doni Monardo menjabat Komandan Brigade berpangkat kolonel tahun 2006 - 2008. (Istimewa)

Sederet pengurus PP PPAD pun hadir. Kebetulan, hari yang sama berlangsung acara Pengukuhan Pengurus DPD PPAD Provinsi Sulawesi Selatan, di aula Kodam XIV/Hasanuddin, Makassar. Pagi pengukuhan, siang reuni.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini