Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BPK Jepang Tegur Keras 'Perselingkuhan' Mizuho Bank dengan Yakuza

Financial Services Agency (FSA) serupa dengan Badan Pemeriksa Keuangan di Indonesia memberikan teguran

Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in BPK Jepang Tegur Keras 'Perselingkuhan' Mizuho Bank dengan Yakuza
http://www.bloomberg.com/
Mizuho Bank 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo, dari Tokyo Jepang

TRIBUNNEWS.COM -  Financial Services Agency (FSA) serupa dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Indonesia memberikan teguran keras ke  Mizuho Bank karena diduga telah berselingkuh dengan mafia Jepang - Yakuza dengan dana pasokan yang dilakukan selama ini lebih dari 200 juta yen. Mizuho Bank pun meminta maaf dan berusaha membuat program perbaikan selambatnya 28 Oktober 2013.

Demikian pemberitaan banyak media massa Jepang, Jumat (27/9/2013) seperti NHK TV, Fuji, Sankei dan sebagainya yang dikutip Tribunnews.com di sini.

Kasusnya dimulai sekitar Desember 2010 mengenai pinjaman kerjasama melalui perusahaan kredit, ada transaksi, yang diduga melibatkan kelompok Yakuza.

Kemudian Desember 2012, sudah  lebih dari dua tahun pengujian sistem, FSA menemukan tidak adanya antisipasi Mizuho Bank terhadap transaksi tersebut.

Kesepakatan kredit tersebut sekitar 230 kesepakatan (kontrak) mengenai pinjaman mobil, jumlah total lebih dari 200 juta yen. FSA menduga transaksi uang tersebut lari ke Yakuza.

Bank Mizuho sempat kena masalah sistem perbankan Mei 2011 akibat bencana alam, gempa bumi 9 skala Richter tanggal 11 Maret 2011. Sejak masalah itu sampai kini berarti pertama kali sekitar 2 tahun 4 bulan Bank Mizuho terkena masalah lagi.

BERITA TERKAIT

Jumat (27/9/2013) permintaan maaf tersebut ke luar dalam bentuk siaran pers  muncul di situs resmi Mizuho Bank. Pihak bank resmi meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan terjadi transaksi kredit kepada kelompok anti-sosial (Red. Yakuza) dan karena itu masa depan akan ditingkatkan lebih baik lagi kualitas internal kami. Begitulah tulis siaran pers Mizuho Bank.

Info Yakuza lengkap silakan buka www.yakuza.in.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas