Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Investor Cemas Penutupan Kantor Obama

IHSG mencatatkan penguatan untuk tiga hari perdagangan berturut-turut dan ditutup di 4.418,643 atau menguat 31 poin

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Investor Cemas Penutupan Kantor Obama
IST
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Steven Greatness

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Branch Manager First Asia Capital Pontianak, Yangpi menyatakan, aksi beli selektif kembali berlanjut pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG mencatatkan penguatan untuk tiga hari perdagangan berturut-turut dan ditutup di 4.418,643 atau menguat 31 poin (0,7 persen).

Namun perdagangan relatif sepi dengan nilai transaksi di Pasar Reguler hanya mencapai Rp 2,9 triliun. Penguatan indeks kemarin lebih dipicu aksi beli atas saham pertambangan. Pembelian selektif juga merespon sentimen positif individual seperti rencana pembagian dividen interim sejumlah emiten.

"Melanjutkan perdagangan akhir pekan ini, IHSG masih akan bergerak fluktuatif dalam rentang terbatas, rawan terkoreksi," kata Yangpi kepada Tribun Pontianak (Tribunnews.com Network), Jumat (4/10/2013).

Yangpi menuturkan, perkembangan Wall Street tadi malam juga kurang kondusif. Indeks DJIA dan S&P terkoreksi masing-masing 0,90 persen ditutup di 14.996,48 dan 1.678,66. Pasar masih diliputi kekhawatiran penutupan aktivitas pemerintahan Obama yang sudah memasuki hari ketiga.

Apabila kondisi ini terus berlanjut maka diperkirakan akan berdampak buruk bagi perkembangan ekonomi global. Selain krisis fiskal, pertengahan Oktober pemerintahan Obama juga akan menghadapi krisis utang menyangkut dinaikkannya atau tidak pagu utang AS.

Kondisi AS yang masih mengkhawatirkan tersebut dan minimnya insentif positif di pasar akan mempengaruhi pergerakan IHSG pada perdagangan akhir pekan ini. IHSG diperkirakan bergerak dengan support di 4.370 dan resisten di 4.450. (sgt)

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas