Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jembatan Comal Ambles, Bus AKAP Naikkan Tarif Hingga 15 Persen

Ardiansyah mengatakan, kenaikan tarif angkutan bus disebabkan adanya penambahan jarak tempuh bus akibat amblesnya jembatan Comal di Pemalang tersebut

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jembatan Comal Ambles, Bus AKAP Naikkan Tarif Hingga 15 Persen
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Pemudik bersiap menaiki bus yang akan membawa ke daerah yang dituju di terminal Pulogadung Jakarta Timur 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Amblesnya Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, membuat Organisasi Angkutan Darat (Organda) menaikkan tarif bus sebesar 15% selama jembatan tersebut belum bisa dilalui.

"Tarif angkutan bus akan disesuaikan dengan jarak, dengan adanya pengalihan rute akan menambah jarak tempuh. Kenaikannya itu mulai hari ini (Rabu, 23/7), kisarannya 10-15 persen dari tarif yang berlaku saat ini, yaitu menggunakan tarif batas atas. Adapun tarif dasar yang dikenakan ke penumpang itu Rp 161 per kilometer," ujar Sekretaris Jenderal DPP Organda, Andriansyah, saat dihubungi wartawan, Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Ardiansyah mengatakan, kenaikan tarif angkutan bus disebabkan adanya penambahan jarak tempuh bus akibat amblesnya jembatan Comal di Pemalang tersebut. Akibatnya, bus harus mengambil jalur selatan yang memiliki jarak tempuh yang lebih panjang.

Kenaikan tarif bus tersebut hanya berlaku pada bus-bus kelas ekonomi antarkota antarprovinsi (AKAP). Rata-rata jarak tempuh akibat pengalihan rute tersebut adalah 100 km sampai 130 km. Andriansyah juga menegaskan bahwa kenaikan tersebut hanya bersifat sementara hingga jembatan di Pemalang tersebut dapat dilintasi kembali.

"Ini sifatnya sementara. Kalau jembatan itu sudah bisa dilewati, ya tarifnya pun kembali turun," tegasnya.
Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengucurkan anggaran darurat Rp 7 miliar untuk memperbaiki sementara amblesnya Jembatan Comal, yang berlokasi di Pemalang, Jawa Tengah.

Dirjen Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengatakan, pekerjaan di Jembatan Comal saat ini dilakukan dengan memasang aramco seperti gorong-gorong.

"Akan ada penguatan pavement untuk backwall. Itu untuk satu jembatan saja (ke arah Semarang)," ujar Djoko seusai peresmian pelaksanaan proyek tol Pejagan-Pemalang di Brebes, kemarin.

BERITA TERKAIT

Sementara untuk satu jembatan lagi belum akan diperbaiki dalam waktu dekat. "Tapi untuk mereka yang jalan kaki bisa lewat, kita buatkan (jalur). Jadi orang bisa jalan," jelasnya.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas