Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Bakal Benahi Infrastruktur soal Konversi BBM ke BBG

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo mengungkapkan pemerintah mulai mencari cara agar masyarakat beralih mengonsumsi gas

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
zoom-in Pemerintah Bakal Benahi Infrastruktur soal Konversi BBM ke BBG
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Petugas mengisikan bahan bakar gas (BBG) untuk bajaj melalui mobil pengisian BBG atau Mobile Refueling Unit (MRU) di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2013). MRU milik Perusahaan Gas Negara (PGN) ini merupakan fasilitas pengisian BBG yang dapat berpindah lokasinya sehingga dapat menjadi solusi pengisian BBG yang sering terkendala jarak dan lahan pembangunan. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo mengungkapkan pemerintah mulai mencari cara agar masyarakat beralih mengonsumsi gas akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya selain harga gas lebih murah daripada BBM bersubsidi, pasokan gas di dalam negeri juga masih banyak.

"Nanti dicari cara supaya mau pakai gas," ujar Indroyono di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (20/11/2014).

Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah harus fokus terlebih dahulu dalam membangun infrastrukturnya. Selama ini hanya PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Pertamina (Persero) yang rajin membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Karena itu Indroyono mendorong pihak swasta atau BUMN lain membangun SPBG, dengan pemberian insentif.




"Kita pacu mana yang bisa membuat SPBG insentif baik pada penyelenggara," ungkap Indroyono.

Pemerintah menilai konsumsi gas sudah sangat baik saat ini. Indroyono memberi contoh kepada pengemudi bajaj saat ini, tidak merasakan mahalnya harga BBM bersubsidi saat naik. "Konsumen juga harus ditarik ke sana, supaya mau pakai gas, coba tanya pengemudi bajaj sudah pakai gas kan," jelas Indroyono.

Mengenai konverter yang mengubah BBM ke BBG, pemerintah juga mencari cara. Pasalnya harga satu konverter kit Rp 15 juta."Nanti kita cari cara buatkan insentif buat pengguna (konverter kit)," kata Indroyono.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas