Tribun Bisnis

BNI Gelar Mini MRA Dengan Tiga Bank Asing

Dengan penandatanganan ini, BNI menjadi bank pertama yang memiliki perjanjian Mini MRA dengan bank asing

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
BNI Gelar Mini MRA Dengan Tiga Bank Asing

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali menandatangani perjanjian Mini Master Repurchase Agreement (Mini MRA) dengan 3 (tiga) Bank Asing yang beroperasi di Indonesia.  Dengan penandatanganan ini, BNI menjadi bank pertama yang memiliki perjanjian Mini MRA dengan bank asing.

Perjanjian Mini MRA menjadi dasar hukum untuk melakukan transaksi Repurchase Agreement (Repo) dan Reverse Repurchase Agreement (Reverse Repo) dalam rangka mendukung upaya pendalaman pasar uang Rupiah.

Penandatanganan Mini MRA ini masing-masing dilakukan secara terpisah yaitu Bank of Tokyo Mitsubishi-UFJ pada 15 Desember 2014, JP Morgan Chase Bank pada 18 Desember 2014 dan dengan HSBC pada 9 Januari 2015. Dengan telah ditandatanganinya perjanjian Mini MRA ini, ke-3 bank asing tersebut siap melakukan transaksi Repo dan Reverse Repo dengan BNI.

Sejak diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tanggal 18 Desember 2013, perjanjian Mini MRA baru ditandatangani oleh bank BUMN, bank swasta nasional, bank campuran dan bank pembangunan daerah.  Selama ini, bank asing yang beroperasi di Indonesia belum ikut berpartisipasi dalam transaksi Repo dan masih mengandalkan transaksi pasar uang antar bank (PUAB) untuk memenuhi kebutuhan likuiditas Rupiahnya.

Suwoko Singoastro, Direktur Tresuri & Institusi Finansial BNI, menyampaikan dukungan terhadap upaya meningkatkan volume transaksi Repo dan Reverse Repo, yang sifatnya secured dengan underlying surat berharga, agar distribusi likuiditas di pasar uang lebih merata sekaligus mitigasi risiko kredit.

“Dengan adanya partisipasi dari bank asing dalam transaksi Repo dan Reverse Repo, diharapkan pasar Repo akan semakin ramai, dan turut mendukung pendalaman pasar uang,” ujar Suwoko, Rabu (14/1/2015).

Sampai saat ini, BNI sudah menandatangani Mini MRA dengan 47 bank dan sejak diluncurkan, volume transaksi Repo dan Reverse Repo BNI sudah mencapai Rp 28,45 triliun.

“Di tahun 2015, kami menargetkan untuk menambah bank yang menandatangani Mini MRA dengan BNI, agar volume transaksi Repo dan Reverse Repo kami terus meningkat,” jelas Suwoko.

Ikuti kami di
Tags
Bank BNI
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas