Tribun Bisnis

BNI Garap Ekspor Gas Dari Sanga-Sanga

Total transaksi untuk ekspor gas Sanga-Sanga diperkirakan sebesar 300 juta dollar AS

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
BNI Garap Ekspor Gas Dari Sanga-Sanga
google

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank  Negara Indonesia (BNI/Persero) Tbk ditunjuk menjadi bank yang dipercaya menjadi Trustee Paying Agent untuk mengelola penjualan ekspor gas dari blok Sanga-Sanga, Kalimantan Timur. Total transaksi untuk ekspor gas Sanga-Sanga diperkirakan sebesar 300 juta dollar AS.

Sebelumnya, BNI juga telah ditunjuk sebagai Trustee Paying Agent bagi penjualan gas blok Mahakam. Berbeda dengan pengelolaan blok Mahakam, dalam Trustee Agreement ini, BNI menggunakan skema baru dimana BNI kantor cabang Singapura sebagai Trustee Paying Agent bekerjasama dengan Unit Trust di dalam negeri untuk melakukan pengelolaan hasil penjualan ekspor gas Blok Sanga-Sanga.

"Kami sangat berterimakasih karena BNI dipercaya kembali menangani layanan Trustee ini di industri migas yang sekaligus membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Direktur Utama BNI Gatot Suwondo, Kamis (15/1/2015).

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menjelaskan, transaksi sekitar 300 juta dollar AS tersebut untuk penjualan ekses enam kargo gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) pada tahun 2015 dari blok Sanga-sanga yang dikelola  VICO Indonesia.

“SKK Migas akan mengharuskan seluruh kontrak penjualan LNG Indonesia mengikuti peraturan BI dan menggunakan bank BUMN sebagai sebagai trustee paying agent,” katanya.

Semua kontrak penjualan LNG dan LPG, sebelum peraturan devisa hasil ekspor (DHE) dan Trustee diberlakukan, masih menggunakan trustee di luar negeri dengan nilai total penjualan sekitar USD 14,1 miliar per tahun. Saat ini, peraturan mengenai trustee termuat dalam peraturan Bank Indonesia. SKK Migas melihat perlu menjadikan peraturan Bank Indonesia tersebut menjadi undang-undang.

“Dengan dukungan semua stakeholder serta infrastruktur perbankan nasional yang andal dan kompetitif diharapkan penggunaan trustee di luar negeri dapat dipindahkan ke dalam negeri,” kata Amien.

BNI serius menyediakan layanan Trustee sebagai bagian dari upaya membantu pemerintah menarik DHE sebesar-besarnya ke dalam negeri dari transaksi ekspor, termasuk di industri minyak dan gas. Sebagian besar KKKS minyak dan gas masih menggunakan jasa Trustee bank asing di luar negeri untuk mengelola kegiatan penjualan ekspor migasnya.

Ikuti kami di
Tags:
Bank BNI
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas