Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertumbuhan Ekonomi Melambat, BCA Tekan Biaya Pengeluaran

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melihat 2015, sebuah tantangan yang berat bagi industri perbankan.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pertumbuhan Ekonomi Melambat, BCA Tekan Biaya Pengeluaran
Eko Sutriyanto/Tribunnews.com
Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melihat 2015, sebuah tantangan yang berat bagi industri perbankan. Sebab, saat ini pertumbuhan ekonomi dalam negeri sedang mengalami perlambatan.

"Secara umum iya (tahun ini bukan waktunya bank mengalami pertumbuhan double digit)‎," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Menurut Jahja, strategi yang dilakukan perseroan dalam menjaga kinerja yang tetap positif yaitu dengan melakukan penekanan berbagai biaya pengeluaran dan membuat program menarik untuk nasabah. Walau begitu, Jahja menilai likuidas perseroan hingga saat ini masih sangat baik.

‎"Bagi bank, yang paling penting itu suasana keseluruhan makroekonomi, jadi kalau dalam kondisi makroekonomi secara keseluruhan baik, maka daya beli meningkat dan tentu kita akan coba terus kejar kredit," tutur Jahja.

Menurut Jahja, yang membuat daya beli masyarakat menurun yaitu akibat naiknya harga barang yang diakibatnya bahan baku yang digunakan impor dan adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Hampir sebagian besar komponen‎ dijual, kalau diurut-urut itu bahan bakunya impor. Belum lagi, depresiasi rupiah yang hampir Rp 13.000 per dolar AS. Jadi pengusaha engak tahan untuk menaikkan harga jual produknya," ujar Jahja.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas