Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Angkasa Pura II: Taksi Gelap akan Diubah Jadi Mobil Rental

Seolah ingin memutus nafkah seseorang, PT Angkasa Pura II (Persero) berencana melegalkan keberadaan taksi gelap

Penulis: Sanusi
zoom-in Angkasa Pura II: Taksi Gelap akan Diubah Jadi Mobil Rental
Wartakotalive/Banu Adikara
Para sopir taksi gelap yang biasa beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (6/3/2015), terjaring razia yang digelar oleh PT Angkasa Pura II dan Polresta Bandara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seolah ingin memutus nafkah seseorang, PT Angkasa Pura II (Persero) berencana "melegalkan" keberadaan taksi gelap yang selama ini diberantas di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Rencananya, taksi gelap tersebut akan diubah peruntukkannya menjadi kendaraan sewa (rental) yang akan beroperasi di bandara.

"Untuk tahap awal kami akan membentuk badan usaha yang menaungi mantan pengemudi taksi gelap tersebut," kata Direktur Utama AP II Budi Karya, akhir pekan lalu.

Budi mengatakan, pemilik atau mantan pengemudi taksi gelap akan didata. Selanjutnya, pengemudi akan diberi seragam, tanda pengenal hingga penempelan stiker dan pelat kendaraan khusus.

"Dan yang terpenting, mobil rental tersebut akan memiliki patokan tarif resmi berdasar jarak dan terlindungi asuransi," katanya.

Keberadaan badan usaha juga akan membatasi ruang gerak atau kontak langsung antara pengemudi dan penumpang. Penumpang bisa menuju loket taksi yang memakai kendaraan pribadi pada loket khusus.

Jika tidak ada aral melintang, rencana ini ditargetkan rampung dalam jangka waktu 1,5 bulan ke depan. "Kami juga bakal lakukan sosialisasi. Pengemudi taksi gelap harus mau kalau tidak akan dilakukan penindakan" ujarnya.

BERITA TERKAIT

Seperti diberitakan sebelumnya, Selama penertiban, Angkasa Pura II dan petugas keamanan telah menangkap hingga memberi denda kepada 1.000-an armada dan pengemudi taksi gelap di Bandara Soekarno-Hatta.

"Sudah ada 1.000 ditangkap," kata Budi.

Budi menyebut, setidaknya ada 1.025 taksi tak resmi yang beroperasi di Bandara Soetta. Aktivitas taksi gelap kini turun drastis, karena AP II menggandeng TNI, yaitu Marinir dalam penindakan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas