Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KPPU: Indonesia Harus Miliki Pasar Petani Terpadu

Dia mengatakan, pasar semacam ini bisa menjadi perantara pemenuhan kebutuhan dari petani dan masyarakat

KPPU: Indonesia Harus Miliki Pasar Petani Terpadu
NET
Logo KPPU

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Munrokhim Misanam mengatakan seharusnya di Indonesia ada pasar terpadu untuk memfasilitasi para petani ketika ingin menjual hasil tani mereka.

“Jadi seperti di Amerika ada semacam Farmers Market, jadi pasar yang menjual semua hasil tani dan ternak, serta tidak ada calo-calo atau spekulan,” kata Munrokhim di Jakarta, Sabtu (21/11/2015).

Dia mengatakan, pasar semacam ini bisa menjadi perantara pemenuhan kebutuhan dari petani dan masyarakat, sehingga diharapkan mampu untuk mengontrol harga jual dan harga beli barang.

Menurut Munrokhim, jika pasar ini dibentuk maka tidak akan ada lagi cerita harga yang terlalu murah dari level petani, hingga terlalu mahal di level konsumen. Di pasar ini nantinya petani dan konsumen bisa langsung bertransaksi.

“Jadi tidak ada lagi cerita dari petani melon, yang membawa satu truk melon ke kota tapi ketika sampai di kota melon itu tidak laku dan busuk,” ujarnya. (Sylke Febrina Laucereno)

  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas