Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Para Wanita Tuna Susila Tak Perlu Panik, Kementerian Sosial Siapkan Solusi

Kementerian Sosial sudah menyiapkan solusi dan opsi yang manusiawi dan memanusiakan terhadap para bekas WTS dan tindakan tegas bagi para germo.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Para Wanita Tuna Susila Tak Perlu Panik, Kementerian Sosial Siapkan Solusi
Tribunnews.com/Tribunnews.com/Andri Malau
Menteri Sosial Khofifah Indra Parawansa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dampak dari penutupan lokalisasi prostitusi akan banyak muncul pengangguran kerja dari bekas Wanita Tuna Susila (WTS).

Kementerian Sosial sudah menyiapkan solusi dan opsi yang manusiawi dan memanusiakan terhadap para bekas WTS dan tindakan tegas bagi para germo.

"Bagi para bekas WTS akan direhabilitasi sosial di Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) di berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan, para germo mesti diberikan tindakan tegas secara hukum," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Minggu (6/3/2016).

Khofifah mengimbau para WTS tidak perlu panik dan cemas, pasalnya Kemensos telah menyiapkan solusi tanpa menimbulkan masalah baru.




Langkah nyatanya para WTS akan diikutkan berbagai pelatihan kejuruan atau vocational training di PSKW agar bisa mandiri.

“Jangan sampai keluar dari mulut harimau masuk mulut buaya. Di PSKW mereka mendapatkan berbagai keterampilan untuk bekal agar mereka bisa mandiri secara ekonomi dan sosial," papar Khofifah.

Usai mengikuti vocational training di PSKW, mereka bisa mendapatkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Jaminan Hidup (Jadup), transportasi dari pemda asal, serta transportasi lokal dari Kemensos.

"Para WTS yang telah selesai mengikuti vocational training di PSKW bisa mendapatkan bantuan UEP, Jadup, ransportasi, serta transportasi lokal dengan total Rp 5.050.000," jelas Khofifah.

Berbagai keterampilan kejuruan yang bisa didapatkan oleh para bekas WTS di PSKW tersebut. Nantinya para WTS akan belajar menjahit, membordir, serta membuat berbagai aneka kue.

"Berbagai keterampilan yang didapatkan para bekas WTS di PSKW tersebut, di antaranya keterampilan menjahit, membordir, serta membuat berbagai aneka kue," kata Khofifah.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas