Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengguna Gas Bumi Pekanbaru Berpotensi Gunakan Gas PGN

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menargetkan pembangunan infrastruktur pipa jaringan gas di Dumai akan selesai pada 2018 mendatang.

Editor: Content Writer
zoom-in Pengguna Gas Bumi Pekanbaru Berpotensi Gunakan Gas PGN
TRIBUN PEKANBARU/Rino Syahril
Pekerja PGN memeriksa pipa saluran gas alam di Pusat Distribusi, Perawang, Siak, Riau. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Firmauli Sihaloho

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menargetkan pembangunan infrastruktur pipa jaringan gas di Dumai akan selesai pada 2018 mendatang. Gas akan dialirkan ke berbagai wilayah, termasuk kota Pekanbaru. Untuk tahap awal, PGN akan memasarkan pasokan gas bumi ke sektor industri.

"Fokus utama PGN adalah pasokan akan difungsikan bagi sektor komersial. Jika sudah maksimal, nantinya kita akan mengalirkannya juga ke rumah-rumah penduduk setempat," kata Kepala Penjualan PGN Area Pekanbaru, Arif Nurachman baru-baru ini.

Ia memaparkan pihaknya sudah mendapatkan restu dan pasokan gas bumi dari pemerintah pusat sebesar 37 juta kaki kubik per hari (mmscfd). 

"Pembangunan akan kita mulai pada tahun 2017 dengan estimasi waktu sekitar 510 hari atau 18 bulan. Jadi jika tidak ada kendala, proses nya akan selesai pada 2018 mendatang," imbuhnya.

Di Riau, terutama Pekanbaru sebagai ibukota, peluang penggunaan gas bumi sangat potensial serta selaras dengan tujuan PGN.

McKinsey di tahun 2012 mencatat perkembangan ekonomi Pekanbaru merupakan yang paling cepat selang 10 tahun terakhir di antara kota-kota lainnya.

BERITA REKOMENDASI

Pada 2030, McKinsey memprediksi jumlah populasi di Kota Pekanbaru akan mencapai angka 1,9 juta.

Seiring pertumbuhan tersebut, perkembangan GDP Pekanbaru akan tumbuh sebesar 7,3 persen.

Meski begitu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau tahun 2015, populasi Pekanbaru sudah menyentuh angka 1.038.118 jiwa dengan predikat kota terpadat di antara kabupaten/kota lainnya yang belum menyentuh angka 1 juta.

Seiring dengan pertumbuhan populasi, jumlah sektor industri, khususnya perhotelan juga mengalami peningkatan yang tajam.

Apalagi, Provinsi Riau tengah mengalihkan sumber pendapatan ekonominya dari sektor industri minyak bumi ke sektor pariwisata melalui program Riau Menyapa Dunia.

Setiap tahun, Kota Bertuah selalu kedatangan investor yang ingin mendirikan hotel. Bahkan sepanjang tahun 2016 ini saja, setidaknya sekitar delapan hotel baru telah beroperasi.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Riau, Ondi Sukmara mencatat sepanjang tahun 2016, Pekanbaru sudah memiliki sebanyak 100 hotel berbintang.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas