Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Genjot Wisman, Angkasa Pura I Gratiskan Biaya Pendaratan Maskapai

Maskapai akhirnya diberikan intensif dan didorong untuk membuka rute bersama frekuensi terbang.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Genjot Wisman, Angkasa Pura I Gratiskan Biaya Pendaratan Maskapai
Surya/Mohammad Rivai
Pesawat ATR 72 Wings Air milik PT Wings Abadi dari Bandara Juanda Surabaya saat mendarat di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Sabtu (22/7/2017). SURYA/MOHAMMAD RIFAI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - etelah Angkasa Pura (AP) II memberikan diskon tarif untuk 12 bandara, sekarang giliran PT Angkasa Pura (AP) I yang ikutan action.

AP I langsung menggratiskan biaya pendaratan atau landing fee bagi maskapai yang membuka atau menambah rute baru di Jawa Timur.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha AP I Moch. Asrori mengungkapkan,terobosan tersebut untuk meningkatkan lalu lintas wisatawan di Jawa Timur.

Maskapai akhirnya diberikan intensif dan didorong untuk membuka rute bersama frekuensi terbang.

Kebangetan! Timnas RI diberi Makanan Sisa Oleh Penyelenggara SEA Games, Begini Perlakuan Panitia

“Dengan bertambahnya rute baru dan frekuensi terbang, pergerakan penumpang akan bertumbuh sehingga mendorong industri pariwisata daerah,” ujarnya, Senin (21/8/2017).

Selain jurus jitu tadi, AP I juga telah meningkatkan traffic movement dari 25 per jam menjadi 27 per jam. Langkah itu diyakini bisa menambah kapasitas penumpang hingga satu juta.

BERITA REKOMENDASI

Dengan berbagai upaya tersebut, Asrori optimistis bahwa pihaknya mampu mencapai target satu juta wisatawan mancanegara (wisman) Jatim yang dicanangkan Kementerian Pariwisata.

"Tahun lalu kami juga mencatat 612.412 kunjungan wisman ke Jatim melalui Bandara Juanda. Jumlah itu naik 32 persen jika dibandingkan dengan 2015 yang hanya 463.596 kunjungan,’’ katanya.

Insentif landing fee ini diyakini bakal efektif. Selain mendorong maskapai ke daerah tujuan wisata, hal ini juga sangat ampuh untuk mengurai kepadatan saat musim liburan.

Pemberian insentif ini juga merupakan salah satu inovasi dan strategi dari PT Angkasa Pura I (Persero) untuk dapat mengoptimalkan kinerja bandara serta memberikan alternatif pilihan jadwal penerbangan bagi masyarakat.

"Insentif untuk tarif mendarat itu diberikan PT Angkasa Pura I kepada badan usaha angkutan udara yang membuka rute baru dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan penumpang," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas