Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

KSEI Gandeng Perusahaan Asal Turki Kembangkan Aplikasi RUPS

Merkezi Kayit Kurulusu yang merupakan Central Securities Depository dari Turki sebagai mitra kerja pengembang e-proxy

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Sanusi
zoom-in KSEI Gandeng Perusahaan Asal Turki Kembangkan Aplikasi RUPS
Syahrizal Sidik
Seremoni pada pembukaan perdagangan BEI pagi ini bersama delegasi MKK 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menggandeng perusahaan asal Turki Merkezi Kayit Kurulusu (MKK) untuk mengembangkan electronic proxy and electronic voting platform (e-proxy and e-voting platform) di pasar modal Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Merkezi Kayit Kurulusu (MKK) yang merupakan Central Securities Depository dari Turki sebagai mitra kerja pengembang e-proxy and e-voting platform.

Kerja sama ini dilakukan sebagai upaya untuk memberi kemudahan investor dalam berpartisipasi dan memberikan hak suara pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tanpa perlu hadir secara fisik dengan adanya aplikasi berbasis berbasis digital.

“E-proxy platform ialah aplikasi yang memungkinan investor untuk menunjuk perwakilan apabila investor berhalangan hadir pada RUPS. Sementara e-voting platform dapat digunakan investor untuk melakukan beragam aktivitas yang terkait RUPS secara online,” kata Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (28/9/2017).

Friderica menambahkan, aktivitas yang dapat dilakukan melalui platform ini antara lain melakukan pendaftaran untuk menghadiri RUPS tanpa kehadiran fisik, mempelajari materi RUPS dan memberikan hak suara pada saat RUPS secara online.

Platform ini penting untuk diterapkan di Indonesia, mengingat kondisi geografis negara Indonesia yang berbentuk kepulauan dengan domisili investor yang tersebar di berbagai tempat, baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan adanya aplikasi ini, RUPS bisa diakses dari mana saja.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas