Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gagal Terbang ke Bali, Lion Air Janji Kembalikan 100 Persen Uang Tiket Penumpang

Per hari ini Selasa, (28/11/2017) manajemen Lion Air Group sudah memutuskan untuk mengembalikan 100 persen nilai pembelian tiket."

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Gagal Terbang ke Bali, Lion Air Janji Kembalikan 100 Persen Uang Tiket Penumpang
ISTIMEWA
Pesawat Lion Air 

Laporan  Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lion Air Group akan mengganti seratus persen pembatalan penggunaan tiket (refund) penumpang menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai yang ditutup karena erupsi Gungung Agung.

Corporate Communication Lion Air Group, Ramaditya Handoko mengatakan hal tersebut sesuai dengan kebijakan yang dibuat pemerintah agar maskapai tidak melakukan potongan harga tiket apabila pembatalan dikarenakan kondisi alam.

"Sesuai dengan perkembangan dan anjuran dari pemerintah, per hari ini Selasa, (28/11/2017) manajemen Lion Air Group sudah memutuskan untuk mengembalikan 100 persen nilai pembelian tiket yang dilakukan oleh pelanggan yang ingin membatalkan tiket penerbangannya," ungkap Rama melalui keterangan resminya, Selasa (28/11/2017).

Sebelumnya, Lion Air Group menerapkan pemotongan 10 persen untuk biaya administrasi bagi pelanggan yang memutuskan untuk melakukan pembatalan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015.

Pada Permenhub tersebut, Pasal 10 ayat 3 berbunyi untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan no-frills, dilakukan pemotongan biaya administrasi sebesar 10 persen.

Baca: Dokter RSCM: Kondisi Syaraf Setya Novanto Masih Baik

BERITA TERKAIT

Baca: Emil Dardak Pindah Partai Maju ke Jatim 1, Wasekjen Golkar: Mendagri Nggak Perlu Baper

"Hal itu lah yang menjadi acuan terhadap perusahaan penerbangan dalam pelaksanaan refund tiket pada kondisi force major," ujar Rama.

Selain akan mengganti 100 persen besaran nilai penumpang yang melakukan refund, Lion Grup yang menaungi Lion Air, Wings Air, dan Batik Air juga mempersilahkan penumpang melakukan penjadwalan ulang penerbangan (reschedule).

"Kebijakan ini juga kami berlakukan tentunya untuk memberikan pelayanan lebih dan kemudahan bagi para pelanggan yang terkena dampak dari pembatalan penerbangan dari dan menuju Denpasar," kata Rama.

Penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali yang disebabkan aktivitas Gunung Agung membuat 65 penerbangan maskapai Lion Air Group dari maupun menuju Denpasar, Bali baik untuk rute domestik maupun internasional dihentikan sementara.

Penerbangan ke Bali sementara ini tidak beroperasi sampai batas waktu yang belum ditentukan sembari menunggu keputusan dari pengelola Bandara ataupun otoritas kebandar udaraan di Denpasar, Bali

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas