Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pendiri Microsoft Bill Gates Lebih Takut Gigitan Nyamuk Ketimbang Serangan Hiu

"Gambar korban malaria di bangsal rumah sakit tidak memicu naluri ketakutan kita dengan cara yang sama," katanya.

Pendiri Microsoft Bill Gates Lebih Takut Gigitan Nyamuk Ketimbang Serangan Hiu
(The Guardian/Getty Images/Ida Mae Astute)
Bill Gates 

Laporan Reporter Kontan, Hasbi Maulana 

TRIBUNNEWS.COM, SEATTLE - Jika Anda bertanya kepada seseorang tentang hal-hal apa yang paling membuat orang takut, ada daftar tersangka yang biasa muncul: serangan hiu, ketinggian, ruang tertutup, dan sebagianya.

Namun jika pertanyaan itu Anda tujukan kepada salah seorang paling kaya di dunia, William Henry Gates III (Bill Gates), maka dia akan menjawab dengan tegas bahwa nyamuk menakutkan bagi dia lebih dari hampir apa pun.

Bill mengakui bahwa ketakutan akan nyamuk tersebut agak irasional di Seattle, Amerika Serikat (AS), tempat dia tinggal. Iklim kota itu terlalu ringan untuk jenis nyamuk yang memiliki penyakit serius. 

Namun, memang bukan soal lingkungan di tempat tinggalnya yang membuat dia ketakutan pada nyamuk. Dalam blog-nya Gates Notes, Bill menyodorkan angka statistik yang menjadi alasannya.

Dari semua penyakit yang disebarkan nyamuk, tulis Bill, malaria adalah yang terburuk sejauh ini. Lebih dari 200 juta orang mengalaminya setiap tahun, dan seorang anak meninggal karena malaria setiap menit per hari. 

"Jika Anda bertahan hidup, itu dapat membuat Anda rentan terhadap penyakit lain yang melemahkan dan anemia kronis. Ini adalah penyakit yang sangat menyakitkan," begitu tulisnya.

Bill mengaku, bersama istinya Melinda, pernah melihat seorang anak yang menderita kejang akibat malaria serebral di Tanzania. 

"Saya tidak akan pernah lupa menyaksikan tubuh kecilnya memilin kesakitan sementara orang tuanya menunggu untuk mengetahui apakah dia akan bertahan hidup. Saya tidak akan berharap pengalaman itu terjadi pada siapa pun," ungkapnya.

Bahkan, masih menurut Bill, jika kita tahu bahwa Anda 50.000 kali lebih mungkin terbunuh oleh nyamuk daripada hiu, naluri manusia akan menang. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas