Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Krisis Ekonomi Turki Mendorong Pelemahan Rupiah

Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada penutupan perdagangan sore ini, anjlok ke posisi Rp 14.608

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Sanusi
zoom-in Krisis Ekonomi Turki Mendorong Pelemahan Rupiah
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang karyawan saat menghitung mata uang dalam bentuk pecahan Rp 50.000 dan pecahan Rp 100.000 di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada penutupan perdagangan sore ini, Senin (13/8/2018) anjlok ke posisi Rp 14.608 per dolar AS. Dengan posisi tersebut, depresiasi Rupiah sejak awal tahun tercatat sebesar 7,80 persen.

Mengacu data Bloomberg, posisi Rupiah pada pembukaan dagang melemah ke posisi Rp 14.579 per dolar AS. Hari ini Rupiah bergerak pada kisaran Rp 14.544 hingga Rp 14.617 per dolar AS.

Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai, adanya potensi bahwa krisis ekonomi di Turki akan merambat ke Eropa dan bahkan global menambah kekhawatiran pelaku pasar. Hal itu terlihat dari depresiasi mata uang lira Turki yang mencapai 40 persen.

“Hal ini memperbesar tekanan terhadap Rupiah. Jadi tidak heran apabila Rupiah pada hari ini tertekan cukup dalam,” kata Piter kepada Tribunnews.com, Senin (13/8/2018).

Hal senada juga disampaikan Ekonom Insitute For Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara. Krisis ekonomi Turki, lanjut Bhima, diprediksi akan menyebabkan spillover effect ke Eropa dan negara berkembang lainnya.

Kondisi tersebut, kata Bhima diperparah oleh sanksi dari AS berupa kenaikan bea masuk alumunium asal Turki. “Dampaknya aset emerging market agak dihindari. Investor global memborong dolar dan treasury bond,” kata Bhima.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas