Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertegas DNA Organisasi di Rakornas, FORBIS IKPM Gontor Tak Sama dengan Kadin atau HIPMI

Dihadiri oleh pengurus, beberapa anggota serta disaksikan Ketua Pengurus Pusat PP IKPM Gontor, mengemuka beragam wacana

Penulis: Husein Sanusi
zoom-in Pertegas DNA Organisasi di Rakornas, FORBIS IKPM Gontor Tak Sama dengan Kadin atau HIPMI
Istimewa
Suasana forum di Rakornas FORBIS IKPM Gontor di Vila Rahmad Darmawan, Lembang, Bandung, Minggu (23/9/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Forum Bisnis (FORBIS) IKPM Gontor telah menyelesaikan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang berlangsung selama dua hari 22-23 September 2018 di Bandung, Jawa Barat.

Dihadiri oleh pengurus, beberapa anggota serta disaksikan Ketua Pengurus Pusat PP IKPM Gontor, mengemuka beragam wacana untuk menjadikan organisasi perkumpulan para pengusaha alumni Pondok Modern Gontor ini agar lebih maju setelah dua tahun berdiri.

Salah satu yang mengemuka di forum Rakornas adanya usulan FORBIS meniru organisasi kumpulan pengusaha lain yang lebih dulu berdiri di tanah air semisal Kadin atau Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

"Ada banyak usulan positif dari pengurus dan anggota FORBIS. Tapi yang harus kita ingat bahwa FORBIS ini punya pondasi perjuangan yang harus sesuai dengan nilai-nilai Pondok Modern Gontor. Dalam hal ini kita tidak bisa menyamakan FORBIS dengan KADIN atau HIPMI," kata Ketua Umum FORBIS, Agus Maulana.

Agus Maulana menambahkan, sebagai organisasi pengusaha yang baru berdiri dua tahun, FORBIS memang sedang memperkuat identitas organisasi. Tetapi DNA FORBIS dinilainya sudah kuat dan jelas, karena setiap nafas perjuangan FORBIS selalu berdasarkan atas nilai-nilai dasar kepondokmodernan.

"Diantaranya FORBIS harus tetap berpijak pada asas keikhlasan, kemandirian dan silaturrahmi. Tujuan kita be-rakornas untuk me-recharge & refresh semangat perjuangan tersebut dalam konteks kita sebagai kumpulan pengusaha yang lahir dari rahim Pondok Modern Gontor," kata Agus.

Dalam rakornas tersebut akhirnya tercapai beberapa kesepakatan salah satunya me-reorganisasi susunan kepengurusan FORBIS agar organisasi ini bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

BERITA TERKAIT

Diharapkan kedepannya FORBIS bisa melaju cepat untuk melayani kepentingan para anggotanya dengan tetap berkhidmat untuk kepentingan ummat Islam dan Pondok Modern Gontor.

Langkah kongkrit lainnya yang ingin dicapai adalah penguatan database unit-unit usaha para pengusaha alumni Gontor dalam bentuk digital.

Digitalisasi dinilai penting dilakukan untuk mempermudah siapapun yang ingin mengakses informasi tentang jenis usaha yang dimiliki para anggota FORBIS.

FORBIS juga membentuk Tim Analisa Bisnis. Untuk merumuskan pola kerjasama yang efektif sesama alumni Gontor. Tim ini terdiri dari alumni yang bergerak di bidang industri jasa keuangan dan perbankan.

Tim ini menjadi konsultan bagi anggota dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan, membantu menganalisa kesehatan perusahaan serta kelayakan bisnis anggota FORBIS.

Forum Investor juga akan dibentuk sebagai perwujudan semangat ta’awun antaranggota. Forum investor ini terdiri dari para pengusaha anggota forbis yang memiliki surplus dana dan memiliki spirit berbagi untuk membantu anggota lainnya dalam pengembangan usaha dengan mekanisme bagi hasil dan melalui seleksi ketat kelayakan usaha dari tim analisa bisnis Forbis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas