Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hadiri IACC di Kopenhagen, Menteri PPN Bicara soal Komitmen untuk Mencegah Korupsi

Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia, di antaranya membangun Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Penulis: Sanusi
zoom-in Hadiri IACC di Kopenhagen, Menteri PPN Bicara soal Komitmen untuk Mencegah Korupsi
TRIBUN/HO
Menteri PPN/Kepala Bapppenas Bambang Brodjonegoro 

TRIBUNNEWS.COM, KOPENHAGEN - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memaparkan komitmen Indonesia dalam mencegah korupsi melalui implementasi open government dalam the 18th International Anti-Corruption Conference (IACC) yang diselenggarakan di Kopenhagen, Denmark, Senin (22/10/2018).

Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia, di antaranya membangun Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor!). Ini merupakan sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial.

Kemudian mengimplementasikan Satu Peta atau One Map Policy, sebuah kebijakan yang bertujuan untuk menghasilkan informasi geospasial yang bisa diandalkan.

Langkah lain menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat dari Korporasi dalam rangka pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme.

“Pemerintahan terbuka, transparan, dan akuntabel yang dijalankan dengan prinsip open government sangat penting untuk dijalankan di Indonesia. Karena dengan strategi tersebut, kesempatan untuk melakukan tindakan melawan hukum seperti korupsi dapat ditekan," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/10/2018).

Dalam implementasinya, open government dan open data perlu didukung masyarakat, sektor swasta, akademisi, juga media, agar inisiatif tersebut bisa mendorong pembangunan yang lebih efektif dan berdampak maksimal bagi kesejahteraan rakyat.

"Dalam praktiknya, open data makroekonomi yang terbit secara periodik, dapat membawa dampak positif terhadap investasi langsung asing atau foreign direct investment dan valuasi kredit risiko,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Di IACC dihadiri perwakilan dari 135 negara dengan jumlah partisipan mencapai lebih dari 2000 peserta dari kalangan pemerintahan, akademisi, hingga sektor swasta dan pemangku kepentingan pembangunan lainya.

Menteri Bambang mencontohkan best practices dari penerapan open government di Indonesia. Ini di antaranya sistem perencanaan daring atau e-planning Jogjaplan yang diimplementasikan Pemerintah Yogyakarta.

Jogjaplan berfungsi sebagai medium persiapan program pemerintah agar dapat dilaksanakan secara mudah, cepat, akurat, sesuai ketentuan yang berlaku, serta mengakomodasi peran para pemangku kepentinganterkait.

Dengan Jogjaplan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dapat memaksimalkan suatu program agar lebihbermanfaat untuk masyarakat.

Selain itu, adapula sistem e-budgeting yang diterapkan Pemerintah Surabaya. Sistem berbasis komputer ini memfasilitasi perencanaan draf Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan Perubahan AnggaranKegiatan (PAK) Pemerintah Kota Surabaya.

Implementasi e-budgeting ini terbukti mampu menghemat keuangan lokal hingga 30persen. Contoh lainnya adalah open budget yang dilaksanakan Kota Ambon.

Dengan strategi ini, pelaporan anggaran tersedia dalamsitus-situs pemerintahan Kota Ambon sehingga dapat diakses oleh masyarakat yang menginginkan transparansi anggaran.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas