Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lion Air Layani Penerbangan Rute Kertajati-Balikpapan Setiap Hari

Bandara Internasional Kertajati membuka sejumlah rute penerbangan baru, salah satunya rute Kertajati- Balikpapan.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Lion Air Layani Penerbangan Rute Kertajati-Balikpapan Setiap Hari
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pesawat Garuda Indonesia mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Desa/Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis (24/5/2018). Pendaratan pesawat Kepresidenan menjadi pendaratan perdana (historical landing) di bandara seluas 1.800 hektare itu, sekaligus menandai bandara tersebut resmi beroperasi. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Internasional Kertajati membuka sejumlah rute penerbangan baru, salah satunya rute Kertajati- Balikpapan.

Rute baru ini akan dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air mulai 11 Januari 2019. Penerbangan rute Kertajati-Balikpapan akan dibuka setiap hari.

Pesawat akan mendarat di Bandara Kertajati pukul 12.00 WIB, lalu melakukan penerbangan sebaliknya pukul 13.40 WIB.

Direktur PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Muhamad Singgih mengatakan, rute-rute baru tersebut menandai dibukanya penerbangan domestik oleh maskapai Lion Air.

Sebelumnya, maskapai ini telah melayani penerbangan internasional rute Kertajati-Madinah untuk penerbangan umrah sejak Oktober tahun lalu.

Singgih menyampaikan, bertambahnya penerbangan dari Bandara Kertajati menunjukkan cukup besarnya kebutuhan konektivitas masyarakat Jawa Barat.

Baca: Bandara Kertajati Tambah Rute Baru ke Yogyakarta

"Apalagi hitungan catchment area atau wilayah cakupan di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) plus Subang serta Tegal dan Brees mencapai 17 juta," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (7/1/2019).

BERITA REKOMENDASI

Dari hal tersebut, lanjut Singgih, masuknya Lion Air ke Bandara Kertajati akan menambah daftar pilihan terbang untuk masyarakat.

"Ini akan menambah pilihan masyarakat untuk menentukan penerbangannya dari dan ke Kertajati. Sekarang bagaimana caranya kita Bandara dan maskapai harus memenuhi keterisian penumpang," ujar dia.

Sebagai tambahan informasi, rute baru lainnya di antaranya Kertajati-Yogyakarta dan Kertajati-Jakarta. Dua rute penerbangan tersebut dioperasikan tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat untuk rute Yogyakarta, serta Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk rute Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rute Kertajati-Balikpapan Beroperasi, Penerbangan Dibuka Setiap Hari"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas