Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Enduro Student Program Mampu Ciptakan Entrepreneur Muda Bidang Perbengkelan

Pertamina Lubricants telah menciptakan kemandirian ekonomi bagi individual-individual maupun kelompok generasi penerus bangsa

Enduro Student Program Mampu Ciptakan Entrepreneur Muda Bidang Perbengkelan
ist
Setelah pertama kalinya meluncurkan Enduro Student Program (ESP) pada tahun 2016 di Cilacap, Pertamina Lubricants telah menciptakan kemandirian ekonomi bagi individual-individual maupun kelompok generasi penerus bangsa dalam bidang otomotif khususnya perbengkelan roda dua. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina Lubricants melalui program kemandirian, telah menaruh fokus yang besar terhadap pengembangan sumber daya manusia serta membangun jiwa-jiwa tenaga muda produktif Indonesia melalui brand awareness, product knowledge, entrepreneurship, dan lingkungan dimana pabrik beroperasi.

Setelah pertama kalinya meluncurkan Enduro Student Program (ESP) pada tahun 2016 di Cilacap, Pertamina Lubricants telah menciptakan kemandirian ekonomi bagi individual-individual maupun kelompok generasi penerus bangsa dalam bidang otomotif khususnya perbengkelan roda dua.

ESP merupakan program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) Pertamina Lubricants yang menyentuh pada nilai-nilai Creating Shared Value (CSV), bekerja sama dengan siswa-siswa SMK dan para mitra untuk menciptakan manfaat yang bisa dinikmati bersama, memberikan dampak positif bagi generasi penerus bangsa sekaligus menjalankan program sebagai strategi perusahaan guna menjamin sustainability bisnis perusahaan.

ESP terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) di masing-masing kota, praktek kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants, pelatihan kewirausahaan, serta pendampingan entrepreneurship perbengkelan.

Secara keseluruhan program ini telah diikuti oleh lebih dari 200 siswa-siswa SMK kejuruan otomotif / mesin serta menciptakan 70 bengkel mandiri dari berbagai kota di Indonesia antara lain Jakarta, Cilacap, Gresik, Jakarta, Tuban, Bojonegoro, Surabaya, Semarang, Makassar, Balikpapan dan Kupang.

Iwan Ridwan Faizal Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants mengatakan, ESP mengajak anak-anak muda produktif Indonesia untuk menjalani pembinaan, pendidikan, dan pelatihan entrepreneurship serta praktik kerja untuk kedepannya dapat merintis wirausaha bengkel motor secara mandiri.

"Kami mengembangkan potensi siswa SMK untuk belajar mengenai dunia perbengkelan dan terjun langsung secara real untuk menjadi mekanik handal sekaligus dapat mengelolanya bisnis dengan baik. Dalam program, kami juga menggenjot kreatifitas dan ide-ide brilian mereka yang terkait dengan strategi bisnis dan penjualan melalui kompetisi-kompetisi menarik,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (15/4/2019).

ESP terdiri dari berbagai tahapan. Program dimulai dengan penjaringan siswa-siswi SMK otomotif sejumlah 21 orang setiap batchnya perkota. Program ini menjaring siswa-siswi yang memiliki minat kuat dalam usaha mekanik atau perbengkelan dan memiliki mimpi untuk membangun kemandirian melalui usaha bengkel. Lalu peserta akan mengikuti pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor di BLKI setempat selama satu bulan.

Baca: Persib Dihebohkan dengan Nama Artur Gevorkyan

Setelah lulus dari BLKI, peserta melanjutkan program dengan melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants dimana peserta akan menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

Pada tahap ini, peserta benar-benar diajak terjun langsung untuk belajar teknis keterampilan bengkel sepeda motor sekaligus belajar menjalankan bisnis bengkel skala kecil dan medium.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas