Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kabar China Airlines Layani Rute Domestik Ternyata Penerbangan 'Codeshare', Ini Penjelasan Kemenhub

penerbangan tersebut merupakan penerbangan codeshare antara China Airlines dengan maskapai nasional Garuda Indonesia.

Kabar China Airlines Layani Rute Domestik Ternyata Penerbangan 'Codeshare', Ini Penjelasan Kemenhub
ist
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beredar di sosial media yang menunjukkan maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di tanah air.

Dalam sebuah tangkapan layar yang beredar di WhatsApp dan Facebook, maskapai asal Taiwan itu memiliki penerbangan bernomor CI 9798 untuk rute Jakarta-Makassar.

Hal tersebut membuat sebagian bertanya, apakah benar maskapai asing sudah masuk ke RI dan melayani rute domestik lewat penerbangan langsung?

Kabar itu dibantah oleh Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan.

Dia menjelaskan penerbangan tersebut merupakan penerbangan codeshare antara China Airlines dengan maskapai nasional Garuda Indonesia.

Beredar di sosial media yang menunjukkan maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di tanah air.
Beredar di sosial media yang menunjukkan maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di tanah air. (Tribunnews.com/ Ria Anatasia)

Penerbangan codeshare adalah penerbangan gabungan antara dua maskapai di mana satu maskapai dapat berbagi untuk menjual dan mengeluarkan tiket untuk jaringan tertentu, kemudian maskapai lainnya bisa melakukan pengangkutan penumpang.

"Itu penerbangan codeshare. Yang mengoperasikan Garuda dan China Airlines hanya marketing artinya yang menjualkan tiket kalau ada turis yang dari China mau terbang ke UPG (Bandara Sultan Hasanuddin) sementara tidak ada pesawat China yang terbang direct dari china ke UPG," katanya saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (13/6/2019).

"Jadi Garuda dan China Airlines punya MOU untuk kerja sama. Demikian pula sebaliknya kode penerbangan garuda juga dipasang di China bila perjanjiannya demikian," imbuhnya.

Ketika Tribunnews.com mengecek detil penerbangan tersebut di laman resmi China Airlines, terdapat keterangan kecil bahwa penerbangan itu dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Informasi terkait penerbangan codeshare ini dibenarkan oleh VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan. Ikhsan menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan China Airlines untuk berbagi rute penerbangan internasional.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas