Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Koperasi Astra Kucurkan Beasiswa Senilai Rp 7,93 Miliar ke 4.500 Anak

Koperasi Astra menambah jumlah beasiswa sebesar 3,4 persen menjadi Rp 7,93 miliar dari Rp 7,67 miliar dibandingkan tahun lalu.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
zoom-in Koperasi Astra Kucurkan Beasiswa Senilai Rp 7,93 Miliar ke 4.500 Anak
ist
Direktur Astra Santosa (kiri) didampingi Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra Pongki Pamungkas (kanan) memberikan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan siswa berprestasi pada Seremoni Beasiswa Koperasi Astra 2019, di Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (31/8). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koperasi Astra International tahun ini kembali mewujudkan komitmen tahunan ke-19 berupa penyerahan beasiswa senilai Rp 7,93 miliar kepada 4.500 anak anggota koperasi yang berprestasi di bidangnya.

“Dengan mengusung tema Inspiring The Nation, program beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya yang pada akhirnya dapat berkontribusi untuk bangsa,” kata Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra, Pongki Pamungkas dalam keterangan yang diterima, Minggu (1/9/2019).

Koperasi Astra menambah jumlah beasiswa sebesar 3,4 persen menjadi Rp 7,93 miliar dari Rp 7,67 miliar dibandingkan tahun lalu.

Seiring dengan penambahan jumlah beasiswa, jumlah penerima pun meningkat 4,6 persen menjadi 4.500 siswa-siswi dari 4.300 di 2018.

Sementara apabila diakumulasikan sejak awal program beasiswa tersebut pada 2001, total nilai beasiswa dari Koperasi Astra mencapai Rp61,93 miliar dengan jumlah penerima mencapai 39.524 anak anggota.

Koperasi Astra yang telah berdiri sejak tahun 1990 merupakan koperasi primer nasional dengan anggota sebanyak 86.726 dengan total aset mencapai Rp1,29 triliun.

Digitalisasi Produk & Layanan

BERITA TERKAIT

Koperasi Astra akan melakukan digitalisasi terhadap layanan produk dan program Koperasi dengan meluncurkan mobile apps, layanan pinjaman dan pendaftaran anggota baru dipermudah melalui aplikasi tersebut.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Koperasi Astra menambahkan fitur layanannya untuk memenuhi kebutuhan para anggota, seperti halnya dengan pengisian pulsa, pembayaran listik, hingga pemesanan tiket pesawat.

Salah satu wujud digitalisasi yang telah diterapkan ialah dengan mengubah pendaftaran beasiswa secara online. Langkah digitalisasi produk ini sejalan dengan strategi dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat UMKM di Indonesia saat ini menyumbang 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Menurut Kementerian Koperasi dan UKM, peranannya kali ini sangat penting untuk pembangunan Indonesia tahun 2020 – 2024. Salah satunya dengan strategi Revolusi Industri 4.0.

Selain itu, untuk memperluas jaringan usaha, memenuhi kebutuhan para anggota, dan meningkatkan pemasaran produk, Koperasi Astra akan bekerja sama dengan Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) untuk menyebarluaskan produk-produk Grup Astra, seperti KAI Gudang Arsip (Asgrafo), tenaga keamanan SIGAP, Gondola Ancol, dan penawaran produk otomotif untuk kendaraan mobil dan motor, serta produk asuransi melalui jaringan pemasaran produk KSB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas