Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

'Kunci Dulu Harga Tanah' Jadi Opsi Miliki Rumah Tanpa KPR

Memiliki rumah sendiri adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Ditambah lagi, memiliki rumah dengan harga terjangkau di lokasi yang strategis.

'Kunci Dulu Harga Tanah' Jadi Opsi Miliki Rumah Tanpa KPR
Tribunnews/JEPRIMA
Pekerja saat menyelesaikan pembangunan perumahan di kawasan BSD, Tanggerang, Minggu (19/5/2019). Tahun ini sejumlah investor asing di sektor properti diprediksi masih tetap tinggi di Indonesia namun, sejumlah investor tersebut akan bergerak aktif lagi setelah pemilihan presiden (pilpres) tuntas secara keseluruhan. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memiliki rumah sendiri adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Ditambah lagi, memiliki rumah dengan harga terjangkau di lokasi yang strategis.

Pekerja pertama pun kerap kali memmpikan bagaimana caranya menabung hingga akhirnya bisa membeli rumah dalam waktu tertentu.

Namun, terus naiknya harga properti membuat tidak semua orang bisa membeli rumah impian membuat pembelian rumah seakan sulit digapai.

Skema pembelian rumah seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebenarnya membantu impian kita untuk membeli rumah.

Namun, tidak semua orang ingin menggunakan skema tersebut dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah besaran bunga yang dirasa memberatkan.

Perencana Keuangan Ahmad Ghozali mengatakan, memiliki rumah pertama tanpa melalui KPR memang sulit. Sebab, harga rumah terus naik dan seringkali naiknya lebih dari keuntungan investasi.

Baca: BTN Buka Opsi Turunkan Bunga KPR

"Jadi kalau berusaha ngejar harga rumah dengan cara investasi seringkali tidak terkejar," ujar dia ketika dihubungi, Selasa (11/9/2019).

"Tapi bukan berarti nggak mungkin lho. Karena masih bisa juga beli rumah tanpa KPR dengan strategi tertentu," lanjut dia.

Yang naik itu harga tanah, bukan bangunan

Ahmad menjelaskan, salah satu opsi adalah dengan terlebih dahulu membeli tanah atau kavling tanah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas