Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

'Banjir Kuliner dan Destinasi Halal' Jadi Alasan Provinsi Jabar Sabet Penghargaan Di ASR 2019

Sementara provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memenangkan kategori ini pada ASR 2018 lalu, harus puas berada pada posisi kelima

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 'Banjir Kuliner dan Destinasi Halal' Jadi Alasan Provinsi Jabar Sabet Penghargaan Di ASR 2019
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) saat menerima penghargaan dalam acara Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019 yang digelar di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019 Elba Damhuri membocorkan alasan dibalik terpilihnya provinsi Jawa Barat (Jabar) sebagai Destinasi Wisata Halal Terfavorit untuk ASR tahun ini.

Ia mengatakan bahwa dalam penilaian yang menggunakan dua metode, yakni voting dan kualitatif itu, Jabar berada pada peringkat tertinggi dalam urutan tiga besar, yakni dengan perolehan 28 persen suara.

Sementara provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memenangkan kategori ini pada ASR 2018 lalu, harus puas berada pada posisi kelima di bawah DKI Jakarta.

"Jawa Barat berada di posisi teratas dengan mendapat 28 persen suara, disusul Aceh dan Sumbar. DKI Jakarta berada di posisi keempat, diikuti NTB," ujar Elba, terkait acara yang digelar di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019) malam.

Menurut Elba, Jabar memenuhi persyaratan kualitatif yang ditentukan Dewan Juri ASR 2019.

Karena provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Ridwan Kamil (Kang Emil) ini memiliki beragam destinasi wisata.

BERITA TERKAIT

Selain itu, terdapat pula atraksi yang tentunya menarik perhatian banyak wisatawan.

Baca: Diduga Ada Unsur Politik, Ribuan Warga Tolak Pergantian Nama Bandara Lombok Lakukan Demo DPRD NTB

Baca: Besaran UMP Nusa Tenggara Barat / NTB 2020 Termasuk UMK Mataram, Dipastikan Naik 8,5 Persen

Baca: UMP 2020 Nusa Tenggara Barat / NTB Naik dari Rp 1.971.547 Jadi Rp 2.183.883, Termasuk UMK Mataram

Provinsi itu, melalui kota Bandung serta sejumlah kota lainnya, telah menampilkan wajah urban effect wisata dengan atraksi-atraksi yang memikat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bahkan untuk memperoleh kuliner halal pun sangat mudah karena begitu banyak lokasi kuliner yang bersertifikasi halal di Jawa Barat.

Di tanah pasundan ini, para wisatawan muslim juga tidak akan merasa kesulitan dalam menemukan kemudahan serta kenyamanan untuk beribadah.

Terkait poin penting lainnya, sisi heterogenitas juga menjadi poin krusial yang mengantarkan Jabar sebagai pemenang kategori destinasi wisata halal terfavorit.

Karena selain memiliki destinasi wisata yang beragam, kuliner dan atraksi yang ditawarkan pun sangat menarik perhatian para wisatawan dari beragam agama, baik itu wisatawan muslim, hindu, budha, kristen, katholik hingga konghucu.

"Dalam hal ini, Jawa Barat mampu memadukan dengan sangat baik wisata yang mampu menarik minat turis datang dan wisata halal," kata Elba.

Anugerah Syariah Republika atau ASR kali ini merupakan gelaran ketiga setelah sebelumnya digelar kali pertama oleh Republika pada 2017 lalu.

Pada ASR pertama di 2017, belum ada kategori destinasi wisata halal terfavorit.

Namun pada ASR 2018, kategori satu ini pun dimunculkan dan dimenangkan oleh NTB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas