Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hadirkan Armada Baru, AP Logistik Targetkan Peningkatan Angkutan Kargo untuk Ekspor

Bertambahnya armada angkutan kargo ini dapat memiliki potensi untuk menimbulkan kegiatan perekonomian baru

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Hadirkan Armada Baru, AP Logistik Targetkan Peningkatan Angkutan Kargo untuk Ekspor
TribunBatam.id/Ichwan Nur Fadillah
Kondisi di apron Bandara Hang Nadim Batam tampak lengang, Senin (27/4/2020). Kebijakan pemberhentian maskapai komersial di Bandara Hang Nadim akibat pandemi Corona mulai berdampak pada aktivitas di terminal kargo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) Logistik, menargetkan adanya peningkatan penerbangan kargo untuk ekspor dengan penambahan armada pesawat baru. Direktur Utama AP Logsitik, Dhanny P Thahasyah mengatakan dengan armada yang semakin bertambah diharapkan ada peningkatan untuk angkutan kargo dalam kegiatan internasional atau ekspor.

"Saat ini kami tentunya akan teru melihat perkembangan dan melakukan evaluasi, dengan adanya penambahan armada yaitu pesawat ATR 72-500F dan pesawat jet engine untuk menunjak angkutan kargo," kata Dhanny dalam konferensi virtual, Kamis (4/6/2020).

Baca: Marco Motta Tak Sabar Lihat Aksi The Jakmania di Stadion

Baca: Proses Naturalisasi Pemain Asing Persija Marc Klok Harus Tertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Baca: Dewas KPK Panggil Deputi Penindakan Hingga Jubir terkait OTT THR Rektor UNJ ke Pejabat Kemendikbud

Menurut Dhanny, bertambahnya armada angkutan kargo ini dapat memiliki potensi untuk menimbulkan kegiatan perekonomian baru seperti ekspor yang meningkat.

"Dengan adanya ATR 72-500F ini, dapat membantu efisiensi rute untuk produk ekspor. Sehingga produk eksport tidak harus melalui tahapan panjang, dengan transit di setiap bandara," kata Dhanny.

"Tahapan panjang seperti transit di setiap bandara, menjadi kendala waktu dan juga produk yang dikirim. Contoh untuk produk hasil laut, bila terlalu sering transit dan memakan waktu maka kualitasnya jadi tidak premium lagi," lanjutnya.

Maka dari itu, lanjut Dhanny, dua armada baru ini yang mampu mengangkut kurang lebih 8,5 ton diharapkan dapat membantu proses panjang tersebut."Selain itu kita juga bisa lakukan kolaborasi bagi maskapai kargo juga yang menangani export, dan membuat rute yang lebih efisien untuk pengirimannya," kata Dhanny.

BERITA REKOMENDASI

Saat ini kendala pengiriman kargo, menurut Dhanny, adalah banyaknya daerah yang tidak memiliki bandara dengan landasan pacu untuk pesawat jet engine, dan pesawat ATR 72-500F dapat menambal kekurangan itu.

"Pesawat ATR ini dapat landing pada bandara yang hanya memiliki landasan pacu sekiranya 1.500 KM," ucap Dhanny.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas