Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kementan Kejar Produksi 15 Juta Ton Beras di Musim Tanam Kedua Tahun Ini

Kementan mengejar produksi beras pada lahan seluas 7,5 juta hektar dengan area yang sudah tertanam 87 persen.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kementan Kejar Produksi 15 Juta Ton Beras di Musim Tanam Kedua Tahun Ini
TRIBUN JABAR/Zelphi
Panen padi di Desa Rancasenggang, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (27/07/2020).(Tribun Jabar/Zelphi) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian mengejar produksi beras pada lahan seluas 7,5 juta hektar dengan area yang sudah tertanam 87 persen.

“Perkiraannya dapat menghasilkan kurang lebih 15 juta ton di Musim Tanam II,” ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam Rapat Koordinasi Pimpinan komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Kementerian Lembaga 2020, Jumat (25/9/2020).

Di musim tanam I dari bulan Januari ke Juni 2020 tercatat ada 23 juta ton beras carry over, dan konsumsi beras masyarakat sekitar 15 juta ton lebih.

Baca: Banjir Sentimen Negatif Tekan IHSG, Sektor Pertanian dan Pertambangan Ambruk

“Alhamdulilah stok Juli Agustus itu ada 7,83 juta ton beras. Dengan stok yang ada, maka sampai akhir tahun kita memiliki stok beras yang cukup," ujarnya.

Mentan menambahkan, proses produksi yang berjalan ini membutuhkan penyerapan produksi beras secara masif, hal ini penting agar kestabilan harga panen tetap terjaga.

Baca: Mensos: Program Bansos Beras Baru 10 Persen Tersalurkan

"Musim panen biasanya harga menurun, dan kita harus intervensi. Kita harus mempersiapkan daya serap kita, tidak cukup hanya dengan Bulog, tapi dengan sinergi kementerian lain, dan seperti BUMN ada Berdikari, Pertani dan yang lain,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Dia memaparkan, untuk perkembangan komoditas pertanian yang lainnya, seperti jagung, hortikultura, daging ayam dan telur masih sesuai harapan dan target.

Terkait dengan dukungan pembiayaan untuk petani, selain dari dana APBN, Mentan menyebutkan sektor pertanian mendapatkan dukungan KUR pendampingan senilai Rp 34,2 triliun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas