Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menuju Integrasi Ekonomi Kawasan Indonesia-Malaysia-Thailand di 2036

tol Pekanbaru-Dumai akan mendukung konektivitas darat di Dumai sekaligus dapat mendorong operasionalisasi konektivitas laut Dumai-Melaka

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Menuju Integrasi Ekonomi Kawasan Indonesia-Malaysia-Thailand di 2036
ist
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meskipun tengah menghadapi pandemi, Indonesia dan negara anggota Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT) lainnya tetap berkomitmen untuk melaksanaan berbagai program dan kegiatan dalam cetak biru IMT-GT 2017 hingga 2021.

Hal ini dilakukan demi mendukung pencapaian Visi 2036 yakni menjadikan kawasan IMT-GT sebagai kawasan yang terintegrasi, inovatif, inklusif dan berkelanjutan di 2036.

Baca juga: Mendag Wakili Menko Airlangga di Pertemuan 3 Negara, Bahas Ekonomi Halal

"Penyelesaian jalan tol rute Pekanbaru-Dumai yang 25 September lalu diresmikan Presiden Joko Widodo menjadi satu di antara contohnya," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mewakili Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin pertemuan tingkat menteri IMT-GT ke-26 secara virtual di Bali, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Tak Lama Lagi Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Berbayar, Hutama Karya Diminta Memperhatikan Aspek Keamanan

Menurut Agus, tol Pekanbaru-Dumai akan mendukung konektivitas darat di Dumai sekaligus dapat mendorong operasionalisasi konektivitas laut Dumai-Melaka dengan kapal RoRo.

Selaim itu, lanjut dia, kebijakan pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi, khususnya di wilayah Sumatera telah menunjukkan perkembangan yang positif.

Pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 terkontraksi sebesar minus 2,22 persen dibanding dengan kuartal III 2019, tapi jika dibandingkan kuartal sebelumnya tumbuh sebesar 3,98 persen.

BERITA TERKAIT

“Untuk itu, tantangan pandemi ini harus dijadikan peluang dan lompatan, sehingga ekonomi dan kesehatan dapat berjalan seimbang," kata Agus.

Dia menambahkan, pertemuan virtual ketiga negara pada hari ini menunjukkan bagaimana dapat mengatasi dan beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

"Beradaptasi mengatasi pandemi saat ini melalui kemajuan teknologi demi mewujudkan cita-cita dan tujuan kerja sama,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas