Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

UMKM Go Digital

Tips Sukses Jualan Online di Marketplace untuk UMKM, Mulai Sekarang Yuk!

Go digital disebut‐sebut sebagai solusi bagi pelaku usaha untuk selamat dari jurang pandemi.

BizzInsight
Tips Sukses Jualan Online di Marketplace untuk UMKM, Mulai Sekarang Yuk!
dok. Bank BRI

TRIBUNNEWS.COM ‐ Go digital disebut‐sebut sebagai solusi bagi pelaku usaha untuk selamat dari jurang pandemi. Salah satu yang paling menjanjikan adalah melalui marketplace. Berjualan lewat marketplace adalah upaya pelaku usaha untuk menjangkau pembeli lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Melansir Kompas.com, survei SEA Group mengatakan bahwa platform digital dapat membantu meningkatkan pendapatan hingga 160 persen. Belum lagi, pelaku usaha dapat meminimalisir anggaran, sebab marketplace membuat biaya operasional berkurang dan bisa bekerja secara fleksibel.

Jika Anda baru hendak memulai berjualan di marketplace, jangan takut mencoba! Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) maupun bisnis rumahan bisa memaksimalkan penghasilan dengan memberdayakan marketplace. Berikut tips‐tips memulai berjualan online di marketplace yang perlu Anda ketahui.

Lengkapi profil toko online Anda

Pertama, Anda perlu melengkapi informasi dasar, seperti nama toko, logo toko sederhana, dan deskripsi toko Anda. Tambahkan pula link media sosial toko Anda bila ada. Hal ini penting dilakukan agar toko online Anda terlihat lebih profesional. 

Lengkapi foto dan deskripsi produk

Ibaratnya, toko online di marketplace memuat etalase dari produk‐produk yang Anda jual. Untuk itu, upload foto produk Anda dengan kualitas yang baik agar lebih memikat pembeli. Yang tak kalah penting, bubuhkan deskripsi produk dengan jelas dan rinci. Cantumkan nama produk, spesifikasi, ukuran, material, warna, stok, kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya.

Rutin beri harga promo atau gratis ongkir

Secara rutin, Anda bisa memberikan penawaran menarik seperti potongan harga dan fitur gratis ongkos kirim yang disediakan marketplace. Hal ini cukup efektif untuk mendongkrak penjualan. Pelanggan mana yang tak tergiur dengan harga murah dan bebas ongkir?

Pentingnya pelayanan ramah

Agar toko Anda mendapat reputasi positif, bukan hanya kualitas produk yang menentukan. Pelayanan Anda terhadap konsumen juga penting. Berusahalah untuk selalu merespons semua pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan bersahabat. Pelayanan yang tanggap nan ramah akan membuat pelanggan nyaman berbelanja. Bukan tak mungkin mereka akan memberi ulasan positif atau bahkan menjadi langganan toko Anda.

Dapatkan modal tambahan dengan mudah

Selain mempelajari tips berjualan di marketplace, bagaimanapun Anda juga membutuhkan modal. Misalnya, untuk membeli stok barang yang lebih banyak, membeli bahan baku, menyiapkan fasilitas yang lebih layak untuk mengambil gambar, membuat kemasan, dan sebagainya.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal bisnis, terlebih di saat usaha Anda terkena pukulan ekonomi di masa pandemi, Anda dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro Bank BRI. 

KUR Super Mikro adalah pinjaman yang diprioritaskan bagi pekerja korban Pemutusan hubungan Kerja (PHK), pelaku UMKM, dan ibu rumah tangga (IRT) produktif yang menjalani bisnis rumahan.

Suka bunga KUR Super Mikro pun terbilang rendah. Hingga 31 Desember 2020, suku bunga yang ditetapkan adalah 0 persen. Sedangkan setelah 31 Desember 2020, berlaku suku bunga sebesar enam 6 persen dengan jumlah kredit maksimum Rp10 juta.

Nasabah bisa mendapatkan jumlah kredit maksimum Rp 10 juta. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan fasilitas KUR Super Mikro tanpa agunan (agunan pokok hanyalah usaha atau proyek yang dibiayai KUR) serta pembebasan angsuran pinjaman hingga Desember 2020.

Melansir Kontan, pekerja yang terkena PHK, pelaku UMKM yang terdampak pandemi, serta ibu rumah tangga yang produktif dapat memperoleh KUR Super Mikro dengan ketentuan mudah sebagai berikut:

1. Masuk kategori usaha mikro.

2. Lama usaha calon penerima KUR Super Mikro tidak dibatasi minimal 6 bulan. Lama usaha dapat kurang dari 6 bulan dengan persyaratan: mengikuti program pendampingan (formal atau informal); atau tergabung dalam suatu kelompok usaha; atau memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha.

3. Bagi pegawai PHK tidak diwajibkan memiliki usaha minimal 3 bulan dengan pelatihan 3 bulan, tapi dapat kurang dari 3 bulan atau usaha baru dengan syarat yang telah diatur oleh pemerintah.

4. Belum pernah menerima KUR

KUR Super Mikro Bank BRI adalah solusi untuk membangkitkan kembali usaha Anda. Saatnya manfaatkan momen digitalisasi bisnis di era pandemi ini dan dapatkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis Anda melalui KUR Super Mikro Bank BRI. Untuk info lebih lanjut dan pendaftaran KUR Super Mikro Bank BRI, hubungi Contact BRI 14017 / 1500017.

Penulis: Bardjan / Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas