Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

 Gencar Ekspansi di Tengah Pandemi, Mangkokku Hadir di Kota Surabaya

Setelah sukses dengan 22 gerai di daerah Jabodetabek, Mangkokku resmi membuka gerai pertamanya di Surabaya pada 13 Januari 2021

Editor: FX Ismanto
zoom-in  Gencar Ekspansi di Tengah Pandemi, Mangkokku Hadir di Kota Surabaya
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/IST/FX ISMANTO
Setelah sukses dengan 22 gerai di daerah Jabodetabek, Mangkokku resmi membuka gerai pertamanya di Surabaya pada 13 Januari 2021 dengan konsep cloud kitchen. Selanjutnya, Mangkokku berencana membuka lima gerai tambahan di Surabaya tahun ini dengan konsep 'dapur virtual' atau cloud kitchenyang menyediakan pemesanan delivery (pesan antar) dan takeaway sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sukses dengan 22 gerai di daerah Jabodetabek, Mangkokku resmi membuka gerai pertamanya di Surabaya pada 13 Januari 2021 dengan konsep cloud kitchen. Selanjutnya, Mangkokku berencana membuka lima gerai tambahan di Surabaya tahun ini dengan konsep ‘dapur virtual’ atau cloud kitchenyang menyediakan pemesanan delivery (pesan antar) dan takeaway sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Mangkokku adalah start-up (perusahaan rintisan) kuliner yang didirikan oleh juri Masterchef Indonesia Arnold Poernomo dan pengusaha kuliner Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep. Setelah mendapatkan pendanaan pertamanya (seed funding) sejumlah 28 miliar rupiah dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures akhir tahun lalu, Mangkokku memulai 2021 dengan ekspansi keluar Jabodetabek, diawali dengan Surabaya.

Dibukanya gerai baru Mangkokku di Surabaya ini tak terlepas dari banyaknya permintaan dari penggemar kuliner yang selama ini sudah penasaran dengan produk Mangkokku. Surabaya juga merupakan pusat perekonomian timur Jawa sehingga menjadi lokasi yang tepat sebagai ekspansi luar kota pertama Mangkokku.

Tak hanya itu, ternyata Surabaya memiliki alasan sentimental bagi pendiri Mangkokku.

“Surabaya adalah kota kelahiran saya. Sebuah kebanggaan bisa membawa kreasi saya ke kota yang saya cintai ini dan juga turut menambah warna di kuliner Surabaya yang sangat beragam," ujar Arnold.

"Namun, kami di sini bukan semata-mata karena alasan pribadi saya. Antusiasme yang kami terima dari warga Surabaya sangat besar. Bahkan, saya sering mendengar kalau banyak yang sengaja memesan produk Mangkokku melalui kerabat yang sedang berada di Jakarta karena penasaran dengan ulasan-ulasan di media sosial mengenai makanan kami."

Meski pandemi belum usai, Mangkokku tetap yakin akan potensi ekspansinya di Surabaya. Untuk menjawab segala keterbatasan dari restriksi sosial, Mangkokku memilih untuk mengoperasikan gerai pertamanya sebagai cloud kitchen, atau 'dapur virtual', di mana Mangkokku tak menyediakan fasilitas makan di tempat dan hanya perlu memesan melalui aplikasi daring.

BERITA TERKAIT

“Di masa pademi ini, perilaku masyarakat juga ikut berubah. Sebagai pelaku bisnis kami dituntut untuk lebih lincah dalam beradaptasi dan menentukan strategi bisnis yang tepat untuk bertahan dan berkembang,” jelas Randy selaku CEO dari Mangkokku.

“Karena lanskap bisnis kuliner juga berubah, saya rasa memang perlu untuk beralih ke gerai daring seperti ini agar bisnis bisa lebih efisien dan berkelanjutan. Strategi pemilihan lokasi kami juga berubah. Kami lebih memilih untuk membuka gerai yang dekat ke area residensial dibandingkan pusat perbelanjaan agar bisa lebih mudah dijangkau pelanggan yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.”

Saat ini Mangkokku memiliki 23 cabang di Jabodetabek dan Surabaya. Tahun ini, Mangkokku berencana menambah jumlah gerai hingga 75 cabang di 2021 yang akan buka di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Mangkokku percaya geliat industri kuliner Indonesia akan kian berkembang meski dilanda pandemi. Untuk saat ini, prioritas utama Mangkokkuekspansi nasional adalah untuk menjaga kualitas produk dan operational excellence (keunggulan operasional) disetiap gerai yang sudah ada dengan mengutamakan CHS (Cleanliness, Healthiness, Safety/Kebersihan, Kesehatan, dan Keamanan).

“Dengan dibukanya gerai pertama di Surabaya, kami berharap Mangkokku bisa dinikmati oleh lebih banyak orang dari semua lapisan kalangan. Kami percaya inovasi tanpa henti, baik dalam strategi bisnis maupun produk, dapat membawa Mangkokku berkembang dan bertahan disegala kondisi, sehingga kami dapat terus menyajikan makanan enak dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau,” ujar Arnold.

Gerai pertama Mangkokku Surabaya bertempat di Jalan Wisma Permai Barat I Blok LL no 28, Mulyorejo. Saat ini Mangkokku memiliki 12 menu dengan harga terjangkau, mulai dari Rp19.000 hingga Rp54.000 per porsi. Di samping itu, Mangkokku juga memiliki  varian produk beku (frozen food) dan menu a la carte tanpa nasi yang dapat dinikmati di rumah bersama keluarga. Mangkokku gerai Surabaya dapat dipesan melalui layanan aplikasi pemesanan daring seperti GrabFood dan GoFood, serta pemesanan take-away (bawa pulang) di tempat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas