Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Asosiasi Dukung Inovasi untuk Tingkatkan Keamanan Rokok Elektrik

inovasi di bidang keamanan produk, akan memberikan keuntungan bagi pelaku industri roko elektrik

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Asosiasi Dukung Inovasi untuk Tingkatkan Keamanan Rokok Elektrik
Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
Penggemar rokok elektrik atau Vape menunjukan kebolehannya disela acara "I Choose to be Healthier" di Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAAsosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) mendukung inisiatif inovasi untuk meningkatkan aspek keamanan produk rokok elektrik di Indonesia.

Aspek keamanan dinilai penting untuk menjamin kenyamanan pengguna rokok elektrik sehingga perkembangan industri rokok elektrik semakin cepat.

"Kami berharap setiap produsen terutama produsen dapat berpartisipasi dalam hal ini. Karena asuransi keamanaan ini sangat dibutuhkan oleh konsumen," ujar Ketua Umum APVI, Aryo Andrianto dalam keterangan persnya kepada Tribunnews, Sabtu (27/1/2021).

Baca juga: Pengusaha Rokok Elektrik Tak Perlu Khawatirkan Penyusunan Standar Industri SNI

Menurut Aryo, ada peraturan yang harus diterapkan agar produk yang dijual aman untuk digunakan sekaligus mencegah malfungsi saat penggunaan produk.

Aturan ini diyakini akan mendorong industri untuk membuat inovasi terkait dengan keamanaan dan kenyamanaan penggunaan produk.

Aryo menambahkan, APVI mendorong anggotanya berkolaborasi demi memastikan adanya standar keamanaan untuk semua produk anggotanya.

Baca juga: Peran Teknologi dalam Industri Rokok Elektrik Dibahas di GTNF

BERITA TERKAIT

Jika industri berhasil berhasil meningkatkan inovasi di bidang keamanan produk, akan memberikan keuntungan bagi pelaku industri roko elektrik sendiri sekaligus memacu pasar rokok elektrik di Indonesia.

Aryo menjelaskan, Pemerintah akan membuat Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang standar keamanan rokok elektrik di tahun 2021 ini. Dengan adanya standarisasi, kepercayaan masyarakat terhadap rokok elektrik akan meningkat.

"Saya percaya kita harus selalu memastikan kualitas produk yang beredar di pasaran. Insyaallah SNI ini dapat diselesaikan tahun ini dengan dukungan dari Kementerian Perindustrian,” ujarnya.

Baca juga: Pengusaha RI Tidak Cemas Perusahaan Rokok Elektrik AS Hengkang dari Asia

Sejumlah negara saat ini telah memiliki aturan terkait dengan standar produk rokok elektrik, mencakup penggunaan bahan serta komponen dengan kualitas terbaik.

Negara-negara tersebut diantaranya, Selandia Baru, Kanada, dan Rusia serta  Uni Eropa. Mereka sudah memiliki regulasi yang mengatur standar minimum produk rokok elektrik yang dijual di negaranya.

Aturan ini tidak hanya mengatur soal kemurnian dari e-liquid tapi juga memastikan keamanan dan keandalan baterai.

Industri rokok elektrik di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Produk dikategorikan sebagai Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL).

Baca juga: Kecerdasan Buatan Cegah Anak-anak Konsumsi Rokok Elektrik, Bisa Deteksi Wajah dan Usia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas