Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Holding BUMN Ultra Mikro Dinilai Akan Bawa Sentimen Positif

Ekonom dari Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi menilai rencana pembentukan holding BUMN ultra mikro yang diinisiasi

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Holding BUMN Ultra Mikro Dinilai Akan Bawa Sentimen Positif
TRIBUNNEWS/REYNAS ABDILA
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom dari Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi menilai rencana pembentukan holding BUMN ultra mikro yang diinisiasi pemerintah akan membawa sentimen positif.

Menurut dia, integrasi ekosistem ultra mikro ini bakal memberikan kemudahan akses layanan keuangan formal, mengurangi biaya pendanaan usaha hingga meningkatkan taraf hidup melalui pembagian jaminan dan bantuan sosial.

"Tentu multiplier effect dan jenjang pengembangan pelaku UMKM ke depan akan lebih baik. Dan memang segmen UMKM perlu diurus secara serius karena kontribusi terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerjanya yang besar," kata Fithra kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Dia juga menilai integrasi ini akan mendongkrak inklusi keuangan pada pelaku UMKM.

Baca juga: Terkendala Aset, Menkop Sampaikan Banyak UMKM Butuh Skema Pembiayaan Modern

Jaringan serta sumber dana murah yang dimiliki BRI bisa membantu Pegadaian dan PNM agar lebih efisien dalam mendukung serta menyalurkan program dan produk bagi UMKM.

"Perlu diingat, pelaku UMKM saat ini banyak juga yang mendapat pembiayaan dari rentenir," katanya.

Tak ada kanibalisasi

Seperti diketahui, Kementerian BUMN berencana mengintegrasikan ekosistem ultra mikro pada tiga BUMN, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

BERITA TERKAIT

Menkeu menegaskan, rencana pembentukan holding BUMN untuk pemberdayaan usaha ultra mikro (UMi) dan usaha mikro kecil dan menengah UMKM yang melibatkan tiga BUMN ini tak akan berdampak negatif kepada bisnis ketiga perusahaan.

Baca juga: Rencana Holding Ultra Mikro Akan Sasar 29 Juta Pelaku Usaha, Libatkan 3 BUMN

Menurut dia, holding BUMN untuk UMi akan mempertahankan keunggulan perusahaan terlibat yakni BRI, PNM, dan Pegadaian, sehingga kanibalisasi tidak akan terjadi dalam integrasi tersebut.

"Ini adalah sinergi dari tiga bisnis model yang saling melengkapi, bukan saling kanibal atau saling me-merge,” ujarnya.

Dipaparkan, pihaknya meyakinkan Kementerian BUMN yang menyampaikan usulan holding dengan memberikan beberapa rambu-rambu.

"Nanti akan dilakukan monitoring atau ikatan kontrak kinerja dengan manajemen yang baru agar mereka betul-betul bisa merealisasi klaim yang disampaikan pada saat pembahasannya," katanya.

Baca juga: Lewat Holding BUMN Ultra Mikro, Pegadaian Bisa Hemat Rp 400 Miliar

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu juga memastikan eksistensi PNM dan Pegadaian akan terjaga dan bisnis kedua perusahaan ini tak akan sepenuhnya dicaplok BRI.

Keberadaan holding justru dinilai memperkuat bisnis masing-masing perusahaan, terlebih karena adanya kekuatan eksisting BRI sebagai bank dengan jaringan luas dan kemampuan besar dalam mengumpulkan dana murah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas