Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pelajaran Setahun Covid-19 di Indonesia, Perlu Adaptif Demi Keberlangsungan Bisnis

pandemi dapat menyebabkan employee distress pada karyawan yang dapat berdampak pada produktivitasnya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
zoom-in Pelajaran Setahun Covid-19 di Indonesia, Perlu Adaptif Demi Keberlangsungan Bisnis
HandOut/Istimewa
Apung Sumengkar, pendiri dan CEO perusahaan konsultansi bisnis Daya Qarsa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setahun sudah usia kehadiran Covid-19 di Indonesia, setelah diumumkan temuan pertama pada 2 Maret 2020 oleh Presiden Jokowi.

CEO Daya Qarsa Apung Sumengkar mengatakan, terdapat empat poin pembelajaran penting yang dapat dipetik oleh pemimpin dan pelaku bisnis keseluruhan dari kondisi di tahun 2020 demi keberlangsungan organisasi ke depannya.

"Kami membagi empat poin pembelajaran tersebut menjadi elemen 4-P, yakni proposition, people, process, dan promotion,” ujar Apung Sumengkar dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: Perbedaan Samsung Galaxy A32, A52, dan A72: Mulai dari Harga, Layar, hingga Baterai




Daya Qarsa, perusahaan konsultan yang berfokus pada transformasi bisnis holistik.

Apung melanjutkan, pada elemen pertama Proposition yang bermakna believe in the value of what you offer, embrace innovation, be agile & be adaptive to the market.

Baca juga: Percepat Pengiriman Paket Antar Pulau, J&T Express Luncurkan Air Freighter

Untuk memperkuat dan memperjelas value proposition, penting bagi organisasi bisnis untuk menyesuaikan diri dengan distorsi yang mempengaruhi perilaku dan permintaan pasar.

“Singkatnya, bersikaplah agile dan adaptif sesegera mungkin demi keberlangsungan bisnis. Pelanggan berhenti mendatangi restoran? Genjot layanan antar. Jasa harus kontak langsung dengan pelanggan? Terapkan protocol kesehatan dengan ketat seperti yang dikampanyekan oleh jasa ojek dan taksi online,” kata Apung.

BERITA TERKAIT

Apung yang telah berkarier selama lebih dari 15 tahun di perusahaan-perusahaan konsultan Asia Tenggara, Jepang dan Eropa, seperti McKinsey, dan Deloitte, serta di berbagai perusahaan multinasional seperti PZ Cussons, Unilever, dan Toyota.

Lantas dalam People & relationship pancangkan prinsip, trust is the key, networking is the real asset.

Dalam hal ini, pandemi dapat menyebabkan employee distress pada karyawan yang dapat berdampak pada produktivitasnya.

Secara umum, employee distress terdiri dari kekhawatiran (anxiety), distraksi dalam kerja (work distractions), dan kekhawatiran finansial (financial conerns).

“Membangun rasa empati, transparansi, dan komunikasi dengan karyawan sangat penting untuk dilakukan oleh organisasi karena one size does not fit all,” katanya.

Solusi yang diterapkan oleh organisasi dalam menjaga keamanan pekerjanya dapat berbeda dengan solusi yang diterapkan pada organisasi lain.

Penerapan aspek ini misalnya, pengelola bisnis harus lekas menyadari bahwa pola activities atau work from home, bagi sebagian orang adalah impian yang jadi nyata, namun untuk lainnya layaknya beban tak berujung.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas