Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemerintah Targetkan Pendanaan Murah Bagi 29 Juta Usaha Mikro di 2024

pemerintah berkomitmen memberikan layanan dan produk yang lengkap dan potensi pendanaan yang lebih murah bagi 29 juta usaha mikro

Pemerintah Targetkan Pendanaan Murah Bagi 29 Juta Usaha Mikro di 2024
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ilustrasi: Pengunjung melihat-lihat produk yang dipamerkan pada Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 di Trans Studio Mall, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (2/4/2021). Pameran yang akan berlangsung hingga Minggu, 4 April 2021 itu, menampilkan produk kuliner, fashion, kriya, dan industri kreatif lainnya sebagai upaya untuk mempromosikan produk UMKM Jawa Barat di tengah pandemi Covid-19. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pemerintah berkomitmen memberikan layanan dan produk yang lengkap dan potensi pendanaan yang lebih murah bagi 29 juta usaha mikro di 2024.

Hal ini, menurutnya, bisa diwujudkan melalui pembentukan ekosistem yang melibatkan PT Permodalan Nasional Madani (Persero), PT Pegadaian (Persero), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Baca juga: Pegadaian Lolos Asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index dari Kemenperin

"Model bisnis entitas serta budaya kerja Pegadaian dan PNM akan tetap dipertahankan. Ekosistem ini tidak akan menyebabkan pemutusan hubungan kerja. Sinergi co-location akan dipercepat. Dan dampak sinergi akan diteruskan kepada nasabah (melalui penurunan bunga pinjaman),” ujar Tiko, sapaannya, Selasa (7/4/2021).

Melalui ekosistem yang akan terbentuk nanti, efisiensi usaha diharap tercipta pada tubuh masing-masing perusahaan terlibat.

Baca juga: Kementerian Tenaga Kerja Jajaki Kerja Sama Pengembangan Wirausaha dengan PT PNM

Efisiensi ini sedikit banyak akan berpengaruh pada tingkat bunga pinjaman yang harus dibayar nasabah.

Seperti diketahui ada banyak pelaku usaha ultra mikro (UMi) yang berharap bisa mendapat bantuan permodalan berbiaya murah dan proses pengajuan yang mudah.

Keinginan ini sebenarnya sudah terjawab melalui keberadaan program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) milik PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Melalui Mekaar, pelaku usaha ultra mikro bisa mendapat pembiayaan dengan bunga terjangkau mulai dari nilai jutaan rupiah.

Itu sudah dibuktikan langsung oleh Sudarni (42), perempuan asal Bekasi, Jawa Barat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas